Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Komitmen Beri Ruang Lebih Baik KTH

 

RADARNESIA.COM – Pemerintah Kabupaten Pesawaran memiliki komitmen memberikan ruang yang lebih untuk Kelompok Tani Hutan (KTH).

Bacaan Lainnya

Demikian dikatakan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat menghadiri Temu Petani Hutan Provinsi Lampung Tahun 2023 di Lapangan Kantor Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran, Lampung, Jumat (22/12/23).

Bupati Dendi mengatakan fokus untuk KTH, Pemkab telah berkerjasama dengan Komisi Pengelolaan Hutan (KPH) Pesawaran dan KPH Tahura Wan Abdul Rachman dalam mendampingi Kelompok Tani Hutan dalam pengusulan SK Perhutanan Sosial dan pemanfaatan kawasan hutan di Kabupaten Pesawaran.

Baca Juga:  Dimulai Maret, Pemerintah Buka Seleksi CASN 2024 Sebanyak 3 Periode

Pemerintah Kabupaten Pesawaran juga telah memberikan bantuan dan pendampingan KTH yang telah mendapatkan izin Perhutanan Sosial.

Bantuan itu antara lain bantuan ternak dan bibit pakan ternak kambing, bimbingan teknis penanggulangan hama penyakit terhadap tanaman kakao, bantuan pembentukan Koperasi dan pembinaan UMKM.

Dilakukan juga pendampingan pengajuan proposal untuk mendapatkan bantuan Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara (Bang PeSoNa) dan peralatan mesin ekonomi produktif.

“Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pesawaran juga sedang menyusun IAD (Integrated Area Development) untuk meningkatkan skala ekonomi dan nilai tambah produk di dalam dan atau di luar kawasan hutan,” urai Dendi.

Baca Juga:  Biaya Pembebasan Lahan di IKN Nusantara Capai Rp 1,426 Triliun, Cek Daftar Proyeknya

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung memberikan bantuan berupa Alat Ekonomi Produktif (BAEP), bantuan bibit produktif Gerakan Lampung Menghijau (GELAM) dan lain sebagainya serta dilakukan juga penanaman pohon bersama.

Harapannya, bantuan ini akan menambah semangat para KTH dalam menggarap lahan, sehingga pembangunan pertanian dan perhutanan sosial di Kabupaten Pesawaran dapat berjalan secara optimal, untuk mewujudkan masyarakat Lampung Berjaya.

Hadir dalam kegiatan Gubernur Lampung, jajaran Kepala OPD Pemprov Lampung, Kepala Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan, Kepala BPKH Wilayah XX Bandar Lampung, Kepala BPHL Wilayah VI Bandar Lampung, Kepala BPDAS Way Sekampung Way Seputih, Kepala BAPPEDA Kabupaten Pesawaran, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Pesawaran.

Baca Juga:  BPS : Tembakau Jadi Pemicu Inflasi

Turut hadir juga Kepala Balai PSKL Wilayah Sumatera, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Lampung BKSDA Bengkulu, Pimpinan PT. Inhutani V, Pimpinan PT. Papandayan Cocoa Industries, Para Pemenang Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, Para Penerima Bantuan Alat Ekonomi Produktif dan Penerima Bantuan Bibit GELAM serta Petani Hutan Pemegang Persetujuan Perhutanan Sosial.

Penulis : Suryanto

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *