Scroll untuk baca artikel
Nusantara

DPRD Kabupaten Dharmasraya Gelar Sosialisasi Terkait Ranperda Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga

×

DPRD Kabupaten Dharmasraya Gelar Sosialisasi Terkait Ranperda Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga

Sebarkan artikel ini

RADARNESIA.COM – Sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD terkait Pembangunan Ketahanan Keluarga sukses digelar di Ruang Rapat DPRD. Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Panitia Khusus (Pansus) II DPRD yang dipimpin oleh Ketua Pansus Irmon,S.Hut yang didampingi oleh Sasmi Erli,M.Pd selaku Anggota Pansus II dan Dinas Sosial.

Ranperda tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga ini merupakan Ranperda Inisiatif DPRD Kabupaten Dharmasraya. Ranperda ini terbentuk dengan dilatarbelakangi oleh beberapa kasus yang menjadi perhatian pemerintah seperti kasus stunting dan kasus kenakalan remaja ditengah masyarakat yang menjadi faktor munculnya Ranperda Inisiatif tersebut. Pembahasan ranperda ini memperlihatkan 3 (Tiga) indeks dalam Pembangunan Ketahanan Keluarga seperti indeks ketentraman, kemandirian dan kebahagiaan. Selain itu, sistematika pembentukan ranperda ini terdiri dari 7 (Tujuh) Bab.

Dalam pembahasan ranperda ada beberapa aspek yang menjadi perhatian diantaranya aspek kualitas legalitas, aspek fisik, aspek ekonomi, aspek sosial psikologi, dan aspek sosial budaya. Kemudian Ranperda Pembangunan Ketahanan Keluarga ini membutuhkan peran serta dari lembaga masyarakat sebagai pihak eksternal dalam keluarga yang memiliki peranan dalam mendukung terwujudnya ranperda.

Baca Juga:  Hapus Kemiskinan Ekstrim, Ini Upaya Yang Dilakukan Pemkab Pessel

Sebagai bentuk penyempurnaan dari ranperda, melalui sosialisasi ini DPRD Kabupaten Dharmasraya berharap adanya masukan serta saran yang diberikan olah Instansi terkait yang menjadi stakeholder dalam pembahasan ranperda ini. Dengan demikian ranperda ini dapat diterima oleh masyarakat dan menjadi payung hukum dalam membangun ketahanan keluarga.(Andika)