Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Jemaah Masjid Agung Babussalam Pulau Punjung Dharmasraya Laksanakan Sholat Tarawih Pertama Hari Minggu 10 Maret

×

Jemaah Masjid Agung Babussalam Pulau Punjung Dharmasraya Laksanakan Sholat Tarawih Pertama Hari Minggu 10 Maret

Sebarkan artikel ini

RADARNESIA.COM – Awal Bulan suci Ramadhan tahun 2024 ini di pastikan antara muhammadiyah dan NU atau pemerintah terjadi perbedaan lagi, hal ini di sebabkan cara penghitungan.

Untuk versi Pemerintah melalui kementrian Agama , Nu dan lain lain menetapkan 1 Ramadahan jatuh pada hari Selasa tangal 12 maret 2024, sedangkan Hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April. Sementara Muhammadiyah memutus dan menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Senin tanggal 11 maret dan Hari raya Idul Fitri hari Rabu Tanggal 10 April 2024.

Dilihat dari keputusan pemerintah dengan NU di pastikan pada tahun 2024 Puasa bulan Suci Ramadhan hanya 29 hari saja, sedangkan warga Muhammadiyah 30 hari.

Pemerintah atau kementrian Agama, NU dan lainnya memutuskan berdasarkan tinggi bulan 1 Derajad dari hitungan Hisab kondisi ini dianggap oleh pemerintah belum memenuhi syarat sehingga ditunda menjadi 12 Maret.

Baca Juga:  Ketua Amarta: Pembangunan Dari Dana Desa Dikerjakan Swakelola Bukan Pihak Ketiga

Kalau penghitungan Muhammadiyah kalau sdh 1 Derajad memahami sudah wujud hilal makanya 1 Ramadhan jatuh pada hari Senin tanggal 11 maret, hari raya Idul Ftri tanggal 10 April karena hilal nya sudah sangat tinggi disini terjadi persamaan dan insha allah hari raya Idul fitri 2024 nanti serentak.

Jemaah Masjid Agung Babussalam IV Koto Pulau Punjung Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Sumbar hampir semua menjalankan Puasa pertama bulan suci Ramadhan Pada hari Senin 11 maret , dan melaksanakan sholat tarwih berjemaah pada hari minggu Malam.

Baca Juga:  Pemkab Tanjab Barat Rayakan Tonggak Sejarah 3 Tahun Kepemimpinan UAS-Hairan

Ketua Masjid Agung Babussalam H. Abdul Kahar, SH, Malin Mandaro mengatakan,kami sebagai Pengurus Masjid hanya menjalankan tugas yang diamanahkan .

“Semoga dengan perbedaan ini tidak menjadi sebuah Polemik ditengah komunitas baik oleh Pemerintah ataupun masyarakat,” katanya.( Andika )