Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Jorong Tabek Pulau Punjung Cegah DBD dengan Pengasapan

×

Jorong Tabek Pulau Punjung Cegah DBD dengan Pengasapan

Sebarkan artikel ini

RADARNESIA.COM – Jorong Tabek, Kenagarian IV Koto Pulau Punjung, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya cegah Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan pengasapan, Senin (26/2/2024).

Kepala Jorong Tabek, Irwanto langsung mengawasi dan mengarahkan kegitan pengasapan tersebut ke area- area diprediksi bernaungnya nyamuk Aedes aegypti sebagai vektor penular DBD.

“Di musim hujan saat ini banyak genangan air tempat nyamuk berkembang biak. Makanya hari ini kita lakukan fogging bersama petugas Puskesmas Sungai Dareh,” terang Irwanto di sela- sela kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Polda Riau Amankan 4 Pelaku Karhutla Selama bulan Maret

Lanjut kepala jorong, beberapa minggu lalu ada warga Jorong Tabek yang dicurigai mengidab DBD, dan sekarang sudah sembuh. Kegiatan fogging dilaksanakan guna mengantisipasi penyakit DBD yang penularannya melalui nyamuk.

“Semoga dengan fogging ini semua warga Jorong Tabek terbebas dari DBD,” katanya.

Baca Juga:  Diduga Korupsi Anggaran Dana Desa Dan Banprov, Mantan Kades di Purwakarta Diamankan Pihak Kejaksaan

Irwanto menambahkan, tempat- tempat yang di fogging adalah lokasi- lokasi yang terdapat tumpukan sampah, genangan air, saluran air serta rumah- rumah warga.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh warga Jorong Tabek agar selalu lingkungan, pekarangan rumah tetap bersih dari genangan air dan tumpukan sampah. Apabila ada wadah penampung air yang sudah tidak digunakan sebaiknya dikubur serta membersihkan bak mandi agar tidak ada jentik jentik nyamuk,” ujarnya.

Baca Juga:  Keluarga Besar Yonif 142/KJ Rayakan Hari Raya Idul Fitri Dan Halal Bihalal

Sementara itu salah seorang warga, Ondri mengucapkan terimakasih serta apresiasi atas aksi sigap kepala jorong. Ia berharap, lingkungan Korong Tabek terbebas dari penyakit DBD dan semua warga selalu sehat.

” Mari sama- sama menjaga lingkungan agar tetap bersih,” pungkasnya. (Andika)