Scroll untuk baca artikel
Nasional

PBNU Tetapkan Awal Dzulhijjah dan Idul Adha 2024: Ini Jadwal Resminya!

×

PBNU Tetapkan Awal Dzulhijjah dan Idul Adha 2024: Ini Jadwal Resminya!

Sebarkan artikel ini
Pbnu Tetapkan Awal Dzulhijjah Dan Idul Adha 2024: Ini Jadwal Resminya!

RADARNESIA.COM – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah mengeluarkan surat resmi terkait penentuan awal bulan Dzulhijjah 1445 H. Surat yang ditujukan kepada seluruh Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama se-Indonesia tersebut menginformasikan hasil rukyatul hilal yang dilakukan oleh Lembaga Falakiyah PBNU di berbagai lokasi di Indonesia.

Berdasarkan hasil pengamatan, hilal terlihat di beberapa tempat yang telah ditentukan. Dengan demikian, PBNU mengabarkan bahwa bulan Dzulqo’dah 1445 H berumur 29 hari. Dari pengamatan yang sesuai dengan pendapat al-Madzahibul Arbaah, PBNU mengumumkan:

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

1. Awal bulan Dzulhijjah 1445 H jatuh pada hari Sabtu Legi, tanggal 8 Juni 2024.

2. Hari Raya Idul Adha 1445 H jatuh pada hari Senin Kliwon, tanggal 17 Juni 2024.

Surat pemberitahuan yang ditandatangani oleh KH. Miftachul Akhyar (Rais Aam), KH. Akhmad Said Asrori (Katib Aam), dan KH. Yahya Cholil Staquf (Ketua Umum) ini juga menyampaikan ucapan selamat kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya dalam menyambut bulan Dzulhijjah dan Hari Raya Idul Adha.

“Semoga kita dapat menjalani ibadah qurban dan amaliyah bulan Dzulhijjah dengan baik,” demikian kutipan dalam surat itu.

Pemberitahuan dari isi surat tersebut kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya diharapkan dapat menjadi pedoman bagi seluruh umat Islam di Indonesia dalam menjalankan ibadah selama bulan Dzulhijjah, termasuk persiapan untuk melaksanakan ibadah qurban pada Hari Raya Idul Adha.