Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Pemkot Probolinggo Fokus Renovasi 50 RTLH di Area Pesisir

×

Pemkot Probolinggo Fokus Renovasi 50 RTLH di Area Pesisir

Sebarkan artikel ini
Pemkot Probolinggo Fokus Renovasi 50 Rtlh Di Area Pesisir

RADARNESIA.COM – Pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap rumah tidak layak huni (RTLH) di wilayah pesisir Kota Probolinggo. Tahun ini, ditargetkan 50 unit RTLH akan direnovasi sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Renovasi ini akan dimulai setelah Pemkot Probolinggo mendapatkan konfirmasi bantuan dari Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya. Fokus proyek ini adalah kawasan pesisir yang masih memiliki banyak rumah dengan kondisi tidak layak.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Penjabat Wali Kota Probolinggo, Nurkholis, menjelaskan bahwa kepastian bantuan tersebut didapat setelah pertemuan dengan Lantamal V Surabaya pada Jumat (7/6). Menurutnya, program renovasi ini adalah hasil kolaborasi antara Lantamal V dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Kota Probolinggo akan menerima bantuan untuk memperbaiki 50 unit RTLH. Beberapa rumah di pesisir memang kondisinya sangat memprihatinkan. Renovasi ini diharapkan dapat dimulai pada minggu ketiga atau keempat bulan Juni,” ungkap Nurkholis.

Nurkholis juga mengungkapkan harapannya agar di tahun mendatang Kota Probolinggo dapat memperoleh lebih banyak alokasi untuk perbaikan rumah, khususnya di wilayah pesisir. Dia menyebutkan, ada potensi untuk meningkatkan jumlah RTLH yang direnovasi hingga 1.000 unit pada tahun depan. “Kami berencana mengajukan permohonan lagi tahun depan dan berharap bisa mendapatkan lebih banyak unit demi kesejahteraan masyarakat Kota Probolinggo,” tambahnya.

Asisten Potensi Maritim Danlantamal V Surabaya, Letkol Laut Bagus Hariyanto, menambahkan bahwa program renovasi RTLH ini merupakan inisiatif Lantamal V dengan dukungan dana dari APBD Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Menurut Bagus, program ini bertujuan tidak hanya untuk memperbaiki kondisi fisik rumah tetapi juga untuk mendukung kesehatan dan pemerataan pembangunan di Jawa Timur. “Kami berharap program ini membantu masyarakat memiliki hunian yang layak dan bersih, serta mendukung kesehatan mereka dan pemerataan pembangunan di Jawa Timur,” ujarnya.

Bagus juga menyatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan izin dari Penjabat Wali Kota Probolinggo untuk melaksanakan renovasi RTLH di kota tersebut. Fokus dari renovasi ini adalah masyarakat pesisir yang layak menerima bantuan. “Kami telah bertemu dengan Penjabat Wali Kota Probolinggo dan mendapatkan izin untuk melaksanakan renovasi RTLH. Program ini akan difokuskan pada masyarakat pesisir yang dinilai layak menerima bantuan,” jelasnya.

Dengan program renovasi RTLH ini, diharapkan kualitas hidup masyarakat di pesisir Kota Probolinggo akan meningkat secara signifikan. Pemerintah Kota Probolinggo dan Lantamal V Surabaya berkomitmen untuk terus memberikan dukungan terbaik bagi masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di kawasan pesisir yang selama ini kurang mendapatkan perhatian. Program ini diharapkan menjadi contoh bagi daerah lain dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan hunian yang layak.