Scroll untuk baca artikel
NasionalUnggulan

Seleksi CPNS 2024 Total Lowongan 2,3 Juta, Fresh Graduate Berpeluang Besar

×

Seleksi CPNS 2024 Total Lowongan 2,3 Juta, Fresh Graduate Berpeluang Besar

Sebarkan artikel ini

RADARNESIA.COM – Dalam unggahan Instagram resmi CPNS, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa di tahun 2024 total lowongan yang tersedia mencapai 2,3 juta lowongan.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2024 ini lulusan baru atau fresh graduate dijadikan prioritas pemerintah untuk menempati posisi sebagai ASN.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas dalam Rapat Kerja dengan Komisi III DPR RI menyebutkan bahwa alokasi seleksi CPNS tahun ini akan besar dan dialokasikan untuk fresh graduate. Sedangkan untuk PPPK akan difokuskan ke pegawai non-ASN.

Baca Juga:  Masyarakat Diminta Waspada, Puting Beliung yang Melanda Bandung dan Sumedang Berpotensi Terjadi Lagi

“Tahun ini pemerintah memberikan alokasi yang cukup besar bagi fresh graduate melalui seleksi CPNS. Sedangkan untuk PPPK menjadi fokus utama pemerintah untuk melakukan penataan pegawai non-ASN di instansi pemerintah,”

Untuk formasinya akan dialokasikan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan dan tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:  Menhan Prabowo Ingin Tingkatkan Hubungan Baik Indonesia-Cina

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” ujar Jokowi Dalam unggahan @cpnsindonesia.id yang dikutip pada Jumat, (1/3/2024)

Masih dalam unggahan akun media sosial CPNS, Jokowi mengatakankan bahwa seleksi CASN 2024 dibuka untuk para lulusan baru atau fresh graduate dan tenaga honorer.

Untuk fresh graduate, mendapatkan jatah formasi sebanyak 690 ribu orang sedangkan untuk tenaga honorer atau non-ASN pemerintah akan menyediakan1,6 juta formasi PPPK.

Baca Juga:  Menkeu Sri Mulyani Pastikan THR Dibayar H-10 Lebaran, Cair 100 Persen

“Pemerintah memberikan kesempatan kepada para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi sebanyak 690 ribu orang yang tersebar di instansi pusat 207 ribu dan instansi daerah 483 ribu” tambah Jokowi.

Seleksi CPNS 2024, Peluang Fresh Graduate, Informasi CPNS 2024, CPNS 2024, Menpan Abdullah Azwar.