Scroll untuk baca artikel
UnggulanNasional

Mahkamah Agung Tolak Kasasi Ferdy Sambo, Vonis Diperberat Jadi Penjara Seumur Hidup

×

Mahkamah Agung Tolak Kasasi Ferdy Sambo, Vonis Diperberat Jadi Penjara Seumur Hidup

Sebarkan artikel ini
Screenshot 2023 08 08 20 17 23 61 Mahkamah Agung Tolak Kasasi Ferdy Sambo, Vonis Diperberat Jadi Penjara Seumur Hidup

Radarnesia.com – Mahkamah Agung (MA) telah menolak kasasi mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat.

MA melakukan perbaikan kualifikasi tindak pidana dan pidana yang dilakukan, sehingga menjatuhkan vonis pidana penjara seumur hidup.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Perkara nomor: 813 K/Pid/2023 itu diadili oleh ketua majelis hakim Suhadi dengan anggota Suharto, Jupriyadi, Desnayeti, dan Yohanes Priyana. Selain itu, panitera pengganti Rudi Soewasono. Putusan dibacakan pada Selasa (8/8/2023).

Baca Juga:  Arus Mudik di Terminal Lebak Bulus Lancar Aman dan Terkendali

“Amar putusan kasasi, tolak kasasi penuntut umum dan terdakwa dengan perbaikan kualifikasi tindak pidana dan pidana yang dijatuhkan, menjadi melakukan pembunuhan berencana secara bersama-sama dan tanpa hak melakukan tindakan yang berakibat sistem elektronik tidak bekerja sebagaimana mestinya yang dilakukan bersama-sama. Pidana penjara seumur hidup,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA Sobandi di Gedung MA, Jakarta, Selasa.

Putusan MA tersebut merupakan koreksi atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang telah menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang menjatuhkan vonis mati kepada Ferdy Sambo.

Baca Juga:  Masyarakat Wajib Tau, Berikut Ciri Ciri Birokrasi Desa Bermasalah dan Cacat Hukum

MA menilai bahwa putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tidak tepat karena tidak mempertimbangkan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan.

Dalam putusannya, MA menyatakan bahwa Ferdy Sambo terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan pembunuhan berencana secara bersama-sama dan tanpa hak melakukan tindakan yang berakibat sistem elektronik tidak bekerja sebagaimana mestinya yang dilakukan bersama-sama.

Baca Juga:  Panglima TNI Sambut Kedatangan Hercules TNI AU C-130 J Selesai Misi Palestina

MA juga menyatakan bahwa hukuman penjara seumur hidup merupakan hukuman yang sesuai dengan perbuatan yang dilakukan oleh Ferdy Sambo.

Putusan MA tersebut disambut baik oleh keluarga Brigadir Yosua Hutabarat. Mereka berharap bahwa putusan tersebut dapat memberikan keadilan bagi Brigadir Yosua.

“Kami bersyukur atas putusan MA ini. Kami berharap bahwa putusan ini dapat memberikan keadilan bagi Brigadir Yosua dan keluarganya,” kata kuasa hukum keluarga Brigadir Yosua, Kamaruddin Simanjuntak.