Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Mudahkan Akses Jalan Pertanian, Pemdes Salam Mulya Bangun JUT

×

Mudahkan Akses Jalan Pertanian, Pemdes Salam Mulya Bangun JUT

Sebarkan artikel ini
Mudahkan Akses Jalan Pertanian, Pemdes Salam Mulya Bangun Jut

RADARNESIA.COM-Pembangunan jalan usaha tani (JUT) yang dibangun oleh pemerintah desa (Pemdes) dengan tujuan untuk memudahkan transportasi dan aksesibilitas ke lahan pertanian.

Seperti yang dilakukan oleh Pemdes Salam Mulya Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kali ini, Pemdes Salam Mulya melakukan pembangunan JUT di kampung Babakan Caringin rt 08 rw 05 Dusun 3 dengan volume panjang 130 m lebar 3 m Tinggi 15 cm yang bersumber dari anggaran Dana Desa tahap 1 sebesar Rp 102.593.000 (Seratus dua juta lima ratus sembilan puluh tiga ribu rupiah) yang dikerjakan secara swadaya.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan
Mudahkan Akses Jalan Pertanian, Pemdes Salam Mulya Bangun Jut
Doc : Foto sebelum pengerjaan terlihat masyarakat bergotong royong membersihkan lahan

Kepala Desa Salam Mulya, Amad, mengatakan, jalan usaha tani ini lahan pertanian dengan sumber daya pertanian seperti irigasi dan input pertanian lainnya.

“JUT ini memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian dan aksesibilitas ke lahan pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian,” ucap Amad, Kamis (03/05/2024).

Melihat pentingnya keberadaan JUT, Pemdes Salam Mulya mengupayakan melalui rapat musyawarah desa (Musdes) yang dihadiri seluruh tokoh yang terlihat didalam unsur pemerintahan desa.

Mudahkan Akses Jalan Pertanian, Pemdes Salam Mulya Bangun Jut
Doc : Proses pengerjaan pembangunan jalan usaha tani yang dikerjakan oleh masyarakat desa

“Untuk pembangun JUT ini sudah melalui rapat musdes, mudah mudahan JUT yang dibangun ini akan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat khususnya masyarakat desa salam Mulya,”ungkapnya.

Dalam pelaksanaan pembangunan disaksikan langsung oleh , Kades, tpk, Babinsa, bhabinkamtibmas, RT,RW serta masyarakat ikut memantau jalannya pembangunan.