Scroll untuk baca artikel
InternasionalUnggulan

Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Kecelakaan Helikopter, Dinas Rahasia Israel Mossad Jadi Trending Topic X

×

Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Kecelakaan Helikopter, Dinas Rahasia Israel Mossad Jadi Trending Topic X

Sebarkan artikel ini
Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Kecelakaan Helikopter, Dinas Rahasia Israel Mossad Jadi Trending Topic X

RADARNESIA.COM – Kata kunci Mossad atau dinas rahasia Israel Mossad mendadak menjadi trending topic di lini masa X (Twitter). Selain Mossad, kata kunci ‘Iran’ juga menjadi trending topic.

Sudah ada lebih dari 1,32 juta tweet yang menyebut ‘Iran’. Sementara kata kunci Mossad telah mencapai lebih dari 105.000 cuitan.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Tren ini berkaitan dengan kepastian kabar yang menyebut Presiden Iran Ebrahim Raisi tewas dalam kecelakaan helikopter. Peristiwa itu memang langsung menimbulkan banyak spekulasi, salah satunya adalah keterlibatan Mossad.

Spekulasi itu bukan tanpa alasan. Pasalnya Iran adalah sponsor utama Hamas, yang terus menerus diserang di Gaza oleh Israel. Itu dilakukan Israel sejak Hamas dituding melancarkan serangan terhadap Israel pada 7 Oktober.

Seperti dilansir The Economist, Iran memang memiliki hubungan yang buruk dengan Israel. Tidak aneh jika muncul spekulasi bahwa Israel mungkin berada di balik kecelakaan itu.

Teori ini mendapatkan daya tarik mengingat eskalasi yang terjadi baru-baru ini, termasuk pembunuhan seorang jenderal Iran di Damaskus oleh Israel dan kemudian dibalas oleh serangan rudal Iran ke Israel. Mossad, badan intelijen Israel, dikenal karena operasinya melawan kepentingan Iran, meski tidak pernah menargetkan kepala negara.

Namun para ahli menganggap teori keterlibatan Israel tidak mungkin terjadi. Membunuh presiden yang sedang menjabat akan menjadi tindakan perang langsung, yang kemungkinan besar akan memicu tanggapan keras dari Iran.

“Ada alasan kuat untuk meragukan keterlibatan Israel. Israel tidak pernah melakukan pembunuhan terhadap kepala negaranya, sebuah tindakan perang yang jelas akan mengundang respons sengit dari Iran,” kata laporan The Economist.

Namun, waktu jatuhnya helikopter memperburuk ketegangan regional. Jaringan proksi Iran di Lebanon, Suriah, Irak, dan Yaman memperumit lanskap geopolitik, khususnya dengan konflik yang sedang berlangsung yang melibatkan Israel dan Hamas.

Dalam sebuah pernyataan hari Senin, Hamas menyampaikan ‘belasungkawa dan solidaritas terdalam’ kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, pemerintah Iran, dan rakyat Iran atas meninggalnya Raisa.

Hamas memuji para pemimpin Iran yang telah meninggal karena mendukung perjuangan dan perlawanan Palestina terhadap Israel.

Pakistan telah mengumumkan akan memperingati hari berkabung.

Teheran juga merupakan pemasok senjata ke Rusia dalam perangnya melawan Ukraina, dan beberapa propagandis Moskow mengaitkan hilangnya presiden tersebut dengan percobaan pembunuhan terhadap pemimpin Slovakia pro-Kremlin Robert Fico pekan lalu.

Menteri Luar Negeri Iran memuji beberapa negara yang membantu upaya evakuasi dan mengucapkan terima kasih kepada negara yang telaj menunjukkan empati.

‘Republik Islam Iran dengan tulus berterima kasih kepada banyak pemerintah, negara, dan organisasi internasional atas ekspresi emosi kemanusiaan dan solidaritas mereka terhadap pemerintah dan rakyat Iran, serta tawaran bantuan dan bantuan mereka untuk operasi pencarian dan penyelamatan,’ kata pernyataan itu.