10.874 Penyandang Disabilitas Tercatat di DPT Jaksel

Radarnesia.com – Sebanyak 10.874 penyandang disabilitas di Jakarta Selatan (Jaksel) tercatat sebagai daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan umum atau Pemilu 2024.

“Dari total keseluruhan penyandang disabilitas sebanyak 3.877 penyandang disabilitas mental atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ),” kata Ketua KPU Jakarta Selatan Muhammad Taqiyuddin,”dalam keterangannya, Jumat, (28/12/2023).

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Warga Masyarakat Bojong Kokosan Sangat Terbantu Oleh  Anggota DPRD Sukabumi Tedi Setiadi

Dari total daftar pemilih tetap tersebut, ragam disabilitas yang disandang pun bermacam-macam. Taqiyuddin mengatakan, ada lima klasifikasi untuk penyandang disabilitas yang dapat memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2024, yakni, Disabilitas fisik, Disabilitas intelektual, Disabilitas mental, Disabilitas wicara, Tuli Disabilitas netra.

Baca Juga:  CPNS dan PPPK 2023: Link Download Sertifikat CAT SKD CPNS 2023, Cek Skormu di Sini!

“Total disabilitas fisik ada 4.164 orang, disabilitas intelektual 252, disabilitas mental 3.877, disabilitas wicara 1.597, disabilitas rungu (Tuli) 179 dan disabilitas netra 778,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk menjamin kesetaraan pemilih pada hari pelaksanaan pemilu, penyandang disabilitas mental hingga fisik tetap memiliki hak konstitusi dalam Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga:  Polresta Bandung Berhasil Tangkap Pelaku Pembacokan di Rancamanyar Baleendah

“Kalau untuk disabilitas ada beberapa ketentuan kalaupun memang dia masih memungkinkan datang ke TPS ada pendampingan khusus dari KPPS-nya,” ungkap Taqiyuddin. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *