Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Deretan Kekurangan Starlink, Biaya Tinggi Hingga Sinyal Lemah di Tempat Ramai

×

Deretan Kekurangan Starlink, Biaya Tinggi Hingga Sinyal Lemah di Tempat Ramai

Sebarkan artikel ini
Deretan Kekurangan Starlink, Biaya Tinggi Hingga Sinyal Lemah Di Tempat Ramai

RADARNESIA.COM – Perlu dipertimbangkan apabila anda ingin membeli Starlink. Di era konektivitas global yang semakin meningkat, layanan internet satelit seperti Starlink menawarkan solusi inovatif untuk akses internet di lokasi terpencil.

Teknologi ini diklaim menjanjikan, faktanya terdapat beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan ini. Berikut deretan Kekurangan Starlink:

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

1. Biaya Tinggi

Salah satu kelemahan utama dari Starlink adalah biayanya yang relatif tinggi dibandingkan dengan layanan internet nirkabel lainnya. Ini menjadi pertimbangan penting, terutama bagi pengguna di negara-negara berkembang atau bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas.

2. Ketergantungan pada Kondisi Geografis

Perangkat Starlink memerlukan pandangan langsung ke langit tanpa halangan untuk beroperasi secara efektif. Ini berarti bahwa pengguna harus memastikan bahwa tidak ada penghalang seperti pepohonan tinggi atau bangunan di sekitar area pemasangan. Di wilayah perkotaan yang padat, hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri.

3. Pemasangan Mandiri

Pemasangan Starlink umumnya dilakukan secara mandiri, yang mungkin memerlukan pengetahuan teknis tertentu. Bagi beberapa pengguna, ini mungkin memerlukan biaya tambahan untuk meminta bantuan profesional dalam pemasangan.

4. Layanan Pelanggan Terbatas

Starlink tidak menyediakan layanan pelanggan melalui telepon, yang bisa menjadi kendala ketika pengguna membutuhkan dukungan langsung. Ini mungkin tidak ideal bagi pengguna yang lebih nyaman dengan interaksi langsung ketika menghadapi masalah teknis.

5. Konsumsi Energi

Perangkat keras terbaru dari Starlink diketahui menggunakan sekitar 40 Watt, yang mungkin menjadi pertimbangan bagi pengguna yang sadar akan konsumsi energi atau bagi mereka yang tinggal di daerah dengan pasokan listrik yang terbatas.

6. Potensi Gangguan

Meskipun Starlink menawarkan kecepatan internet yang tinggi, layanan ini mungkin mengalami gangguan atau perlambatan, terutama saat permintaan bandwidth tinggi dari pengguna.

7. Sinyal Lemah di Wilayah Ramai

Di wilayah dengan banyak penghalang, seperti area perkotaan, sinyal Starlink mungkin menjadi lemah. Ini menunjukkan bahwa meskipun Starlink dapat menjangkau lokasi terpencil, masih ada keterbatasan dalam hal kualitas sinyal di beberapa kondisi. Starlink memang menawarkan solusi internet yang unik dengan kemampuan menjangkau lokasi yang sulit diakses oleh layanan internet tradisional.

Namun, kelemahan-kelemahan yang disebutkan di atas perlu dipertimbangkan dengan cermat. Biaya yang lebih tinggi, kebutuhan akan lokasi pemasangan yang spesifik, pemasangan mandiri, layanan pelanggan yang terbatas, konsumsi energi, potensi gangguan, dan sinyal yang lemah di beberapa area adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menggunakan layanan ini.

Dalam memilih layanan internet, penting bagi pengguna untuk menimbang kelebihan dan kelemahan berdasarkan kebutuhan dan kondisi mereka. Starlink seperti bukanlah pilihan tepat untuk mendapatkan layanan internet yang murah dan stabil.