Dinkes : Fasilitas Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim di Pulau Kangean Aman

Whatsapp Image 2023 10 26 At 22 42 22

RADARNESIA.COM – Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Ninis Herlina Kiranasari menegaskan akomodasi dan konsumsi untuk tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur di Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep telah disiapkan dengan baik.

“Untuk konsumsi pada dasarnya sudah disiapkan sesuai rencana. Masing-masing tim juga sudah mendapatkan tempat tinggal atau penginapan yang ada di kepulauan ini,” ujarnya, Jumat (27/10/2023).

Bacaan Lainnya

Selain itu, akomodasi penjemputan juga sudah disiapkan di tempat penginapan yaitu dengan mobil yang disesuaikan dengan jadwal masing-masing tim.

Baca Juga:  PLTA Koto Panjang kembali Tambah Tinggi Bukaan Pintu Waduk 5x40 Cm

“Misalnya untuk tadi malam semua tim sudah terfasilitasi pulang dari rumah sakit ke tempat penginapan. Tadi pagi juga begitu, akomodasi pagi sudah siap untuk mengantarkan ke RS Abuya maupun ke Puskesmas Arjasa. Jadi semuanya sudah bisa ditata dengan baik,” terangnya.

dr. Ninis juga menerangkan, setiap harinya tim akan melaporkan apa yang sudah dilakukan kemarin dan rencana kegiatan hari ini. “Jadi laporan dari masing-masing tim pelayanan, baik mata, bedah, gigi, kandungan,” jelasnya.

Perlu diketahui, sebanyak 91 tenaga kesehatan (nakes) mengabdi memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep dari tanggal 26 hingga 29 Oktober 2023. Lokasi pelayanan dipusatkan di Rumah Sakit Abuya Kangean, Puskesmas Arjasa, dan Kantor Kecamatan Arjasa.

Baca Juga:  Stasiun Pasar Minggu Jelang Tahun Baru 2024 Makin Padat

Ada sebanyak 720 kasus yang memerlukan pelayanan atau tindakan medis dengan rincian: 411 kasus kesehatan mata, 209 kasus tindakan bedah, 65 kasus kesehatan gigi, dan 35 kasus kesehatan kandungan.

Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur telah diadakan sejak 2019. Kini, tercatat masyarakat yang telah mendapatkan layanan sebanyak 8.642 orang yang tersebar di beberapa pulau di Jawa Timur.

Pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain sesuai permasalahan kondisi setempat serta kesehatan spesialistik. Seperti bedah, obgyn/kandungan, mata, dan gigi. Juga pelayanan kesehatan tradisional dengan akupresur dan akupunktur, serta peningkatan kompetensi tenaga kesehatan rumah sakit dan pengelola program puskesmas.

Baca Juga:  Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan Opini Kualitas Tertinggi, Wali Kota Dumai Terima Piagam Penghargaan dari Ombudsman RI

Adapun nakes yang digerakkan dalam pelayanan ini berasal dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya, RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, RS Mata Masyarakat Provinsi Jatim, RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya, RSUD M. Noer Pamekasan, RSUD M. Anwar Sumenep, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dan Profesi Nakestrad.

Serta didukung Tim Kesehatan pulau Kangean antara lain RSUD Kangean, Puskesmas Arjasa, dan Puskesmas Kangayan. Adapun tim yang terlibat antara lain Dokter Spesialis Mata, Bedah, Anestesi, Obgyn, Bedah Mulut, Gigi, lalu Dokter Umum & Gigi. Selain dokter, juga ada perawat, bidan, petugas farmasi, serta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) bedah, mata, dan anestesi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *