Ini dia 7 Startegi Mendapatkan Peningkatan Usaha Bumdes, Pemerintah Desa Harus Tau

Img 20240101 192824

RADARNESIA.COM- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sangat berperan dalam pertumbuhan serta perkembangan ekonomi lokal dan juga meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Desa.

Meningkatkan pendapatan Bumdes bukan hanya untuk keuntungan finansial pribadi tetapi untuk menciptakan keberlanjutan dan pemberdayaan serta kesejahteraan bagi masyarakat Desa.

Bacaan Lainnya

Berikut ini 7 Startegi Meningkatkan Pendapatan Usaha Bumdes ;

1. Pemasaran Produk Lokal.

Baca Juga:  Pemprov Jambi Laporkan Tindakan Perusakan Kantor Gubernur oleh Sopir Batubara, Warga Dukung Sikap Tegas Al Haris

– Meningkatkan pemasaran produk lokal bisa membuka akses pasar yang lebih luas.
Bumdes bisa juga memanfaatkan media sosial atau platform digital lainnya untuk mempromosikan produk dan layanan atau mengikuti serta beberapa pameran atau kegiatan.

2. Diversifikasi Usaha.

– Salah satu meningkatkan pendapatan Bumdes adalah dengan cara Diversifikasi Usaha.
Bumdes bisa mengindentifikasi dan mengembangkan sektor ekonomi, seperti pertanian, pariwisata, kerajinan tangan dan layanan lainnya. Dengan begitu potensi pendapatan dapat ditingkatkan.

3. Pelatihan Keterampilan.

– Meningkatkan keterampilan melalui pelatihan dapat membuka pintu usaha baru dan peningkatan kualitas produk layanan.
Bumdes bisa menyelenggarakan pelatihan tentang pertanian organik, Industri kreatif, teknologi digital atau lainnya.

Baca Juga:  Sekdaprov Sumbar Hansastri, Pasaman Barat Berhasil Mekarkan 71 Nagari

4. Ekowisata dan Pariwisata Lokal.

– Meningkatkan pendapatan melalui pariwisata adalah strategi yang terbukti efektif. Banyak Bumdes yang sukses disektor wisata. Bumdes juga dapat mengembangkan destinasi ekowisata, menyelenggarakan tour budaya atau menyediakan akomodasi wisata untuk menarik pengunjung dan memberikan kontribusi signifikan pada ekonomi lokal.

5. Pengelola Keuangan.

– Meningkatkan pendapatan juga berkaitan dengan pengelolaan keuangan yang bijak. Bumdes perlu memiliki sistem pencatatan yang baik, melakukan audit keuangan secara berkala dan mengoptimalkan penggunaannya.

Baca Juga:  Menjelang Nataru 2023/2024, Ini Persiapan Yang Dilakukan Dishub Pesisir Selatan

6. Pemberdayaan Masyarakat.

– Memberdayakan masyarakat Desa untuk berpartisipasi aktif dalam keputusan dan Operasional Bumdes dapat menciptakan rasa memiliki yang kuat. Ini dapat mendorong Masyarakat untuk mendukung dan membeli produk lokal serta memberikan kontribusi pada keberlanjutan inisiatif Bumdes.

7. Kemitraan dan Jaringan.

– Bumdes dapat menjalin kemitraan dengan pihak lain, seperti perusahaan swasta, Pemerintah Daerah atau lembaga nirlaba. Kemitraan ini dapat membawa investasi, dukungan teknis, atau akses kepasar yang lebih besar.

Itulah ke 7 Strategi guna meningkatkan pendapatan usaha Bumdes di Pemerintahan Desa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *