Scroll untuk baca artikel
NasionalPolitik

Jika Anies Gagal Nyapres, Koalisi Golkar-PAN Bisa Raih Suara Signifikan

×

Jika Anies Gagal Nyapres, Koalisi Golkar-PAN Bisa Raih Suara Signifikan

Sebarkan artikel ini
Screenshot 2023 07 14 13 41 56 59 Jika Anies Gagal Nyapres, Koalisi Golkar-Pan Bisa Raih Suara Signifikan

Radarnesia.com – Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) berpeluang besar membentuk poros koalisi keempat usai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memutuskan mendukung bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo.

Karena itulah, Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia, Mohammad Anas RA, menyarankan koalisi Golkar dan PAN mengusung tokoh poros tengah yang diterima pemilih pro pemerintah dan pro koalisi.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

“Mengingat Ganjar dan Prabowo adalah poros pro pemerintah, di saat bersamaan poros Anies sedang goyah koalisinya,” kata Anas seperti dilansir RMOL, Jumat 14 Juli 2023.

Baca Juga:  Sengketa Pilpres Persoalkan Bansos, KPU: Pemohon Tidak Ada Mendalilkan Perselisihan Hasil Pemilu

“Jika Anies gagal maju Capres maka tentu poros Golkar-PAN bisa berpeluang meraih suara signifikan di Pilpres,” sambungnya.

Apalagi, Golkar dan PAN tak perlu memikirkan ambang batas pencalonan atau presidential threshold 20 persen lagi. Pada Pemilu 2019, Golkar yang dipimpin Airlangga Hartarto mendapat 85 kursi, sementara PAN 44 kursi.

Baca Juga:  Akankah Satu Diantara Tiga Tokoh Seberang Kota Jambi Ini Jadi Pendamping Maulana di Pilwako 2024 ?

Kalau digabung, keduanya sudah mempunyai 129 kursi DPR RI. Lebih dari syarat minimal presidential threshold 115 kursi. Maka, membentuk poros koalisi keempat menjadi sebuah keniscayaan.