Polri Perketat Penggunaan Pelat Nomor Khusus ZZ

RADARNESIA.COM – Korlantas Polri memperketat proses registrasi dan daftar penerima penggunaan pelat nomor khusus ZZ . Saat ini, kode huruf terakhir RF dan QH pada pelat nomor kendaraan telah diganti menjadi ZZ.

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus menjelaskan, pelat nomor khusus tersebut hanya boleh dipasang di kendaraan dinas saja, dengan jabatan minimal eselon 1 dan eselon 2.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Satgas PASTI OJK Ungkap Banyak Masyarakat Tarik Pinjol untuk Main Judi Online

“Pelat nomor khusus dengan kode ini (ZZ) cuma boleh dipakai di kendaraan dinas, bukan kendaraan pribadi,” kata Yusri dalam keterangannya, Selasa (30/1/2024).

Dikatakan Yusri, kode itu hanya boleh digunakan kendaraan dinas. Maka dari itu model dan jenis dari kendaraan tersebut akan dijadikan acuan.

Baca Juga:  Turis Kanada Nekat Buka Pintu Pesawat Jelang Lepas Landas di Thailand

Menurut mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu, mobil yang memiliki spesifikasi terlalu tinggi atau banderol sangat mahal tentu tidak bisa digolongkan sebagai kendaraan dinas, dan tidak diperkenankan memakai pelat nomor khusus.

“Kalau lihat land cruiser yang harganya miliaran tetapi pakai pelat nomor ZZP, ZZT, atau ZZ lain, itu saya nyatakan tidak benar itu perlu dipertanyakan. Kenapa? Karena hanya untuk kendaraan dinas,” ucapnya.

Baca Juga:  Perkembangan Aplikasi Sirekap: Bisa Lihat Foto Form C dari TPS, Begini Penjelasan Ketua KPU

Kemudian apabila menemukan ada indikasi pelanggaran, maka kepolisian akan melakukan penelusuran dan pemeriksaan menyeluruh, untuk mencari tahu data pemilik dan status tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) bersangkutan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *