Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Tarif Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Masih Gratis Hingga Ada Keputusan Pemerintah

×

Tarif Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Masih Gratis Hingga Ada Keputusan Pemerintah

Sebarkan artikel ini
Tarif Tol Bangkinang-Xiii Koto Kampar Masih Gratis Hingga Ada Keputusan Pemerintah

RADARNESIA.COM – PT Hutama Karya (HK) masih memberlakukan tarif Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar. Usai diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, 31 Juni 2024 lalu, dan hingga saat ini belum ada pemberlakuan penetapan tarif Tol sepanjang 24,7 Kilometer tersebut.

Branch Manager manajer Tol Pekanbaru-Bangkinang, PT Hutama Karya (Persero), Jarot Seno Wibawa, saat dikonfirmasi mengatakan, pemberlakuan tarif tol Bangkinang-XIII Koto Kampar masih menunggu keputusan pemerintah pusat. Hingga saat ini tarif tol masih Gratis dari tol Bangkinang ke XIII Koto Kampar.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

“Tarif tol Bangkinang-XIII Koto Kampar masih gratis. Sampai saat ini belum ada keputusan Menteri terkait dengan tarif tol Bangkinang-XIII Koto Kampar,” ujar Jarot, Selasa (4/6).

Dijelaskan Jarot, jika ada masyarakat yang masuk dari Pekanbaru, atau melalui pintu tol Sungai Pinang, tetap melakukan tapping kartu uang elektronik. Jika keluar ke pintu Tol Bangkinang, maka tetap akan di kenaikan tarif tol yang berlaku. Namun, jika keluar ke pintu tol XIII Koto Kampar, hanya diberlakukan tarif tol Pekanbaru-Bangkinang.

“Kalau masuknya dari Sungai Pinang dikenakan tarif Sungai Pinang-Bangkinang. Ruas kita kan Pekanbaru (Subgai Pinang) – Bangkinang – XIII Koto Kampar, yang belum bertarif yang Bangkinang-XII Koto Kampar,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, ruas jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, Jumat (31/5) sudah bisa dilalui oleh masyarakat umum.

Ruas jalan Tol ini merupakan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang, Ruas Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar, (Bangkinang – Koto Kampar) garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya).

Jalan tol ini dioperasikan tanpa tarif. Namun, perlu dilakukan cleaning area terlebih dahulu untuk memastikan jalan tol aman untuk dilalui.

Dari sisi fasilitas struktur, jalan tol ini dilengkapi 8 unit jembatan, 1 interchange, 9 box pedestrian + box culvert, 3 overpass, dan 2 gerbang tol.

Sementara jumlah lajur pada tahap awal 2×2, dengan kecepatan rencana adalah 80 km/jam, yang dapat mengefisiensikan perjalanan pengguna jalan tol dari Bangkinang ke Koto Kampar dari 1 jam menjadi 20 – 30 menit, sementara dari Pekanbaru ke Koto Kampar dari 3 Jam menjadi 1,5 jam.