Bawaslu Riau Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di UIR

RADARNESIA.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Universitas Islam Riau. Kegiatan berlangsung di Ruang Auditorium Lantai IV Gedung Rektorat UIR, Selasa, (6/2/2024).

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada Pemilih Pemula khususnya mahasiswa UIR sebagai agent of change, diharapkan mahasiswa dapat memberi perubahan pada perkmbangan zaman,”Ujar ketua Bawaslu Riau Alnofrizal.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  KMP Agung Samudra XVIII Terseret Arus dan Kandas di Selat Bali

Kemudian ia menyampaikan, terdapat beberapa masalah yang tengah dihadapi saat ini, yaitu penyebaran informasi hoaks, money politik atau politik uang, hingga keikutsertaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kegiatan kempanye dan lain sebagainya.

“Dengan adanya mahasiswa kami berharap dapat ikut serta mensukseskan Pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang,”ujarnya

Baca Juga:  Bocah di Brebes yang Dikabarkan Tenggelam Ternyata Malah Asyik Nonton Aksi Tim SAR Gabungan

Ia juga mengajak mahasiswa untuk membantu Bawaslu dalam menangkal berbagai kecurangan yang nanti akan terjadi dilingkungan pemilih nantinya

Sementara itu Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H.,MCL menyampaikan bahwa mahasiswa berperan aktif dalam mengawal demokrasi bangsa. Keterlibatan mahasiswa sangat diperlukan oleh Bawaslu, contoh kecilnya dengan mengedukasi masyarakat.

“Dahulu masalah yang terjadi yaitu Golput, selanjutnya money politik, hingga saat ini terjadi pula sebaran informasi hoaks sejalan dengan perkembangan teknologi,”ujar Rektor

Baca Juga:  KNKT Belum Simpulkan Penyebab Tabrakan KA Turangga dengan KA Bandung Raya

Kemudian Rektor mengajak mahasiswa untuk sukseskan pesta demokrasi nanti, tentukan pilihan sesuai dengan hati nurasi tanpa ajakan dan lain sebagainya.

“Mari kita sukseskan pesta Demokrasi, jangan lupa untuk mengajak keluarga menggunakan hak pilih,”ajak Rektor.

Kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow disampaikan oleh Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) UIR Dr. Data Wardana, S.Sos., M.IP, Dr. Panca Prasetyo Pryhatin, S.IP.,M.Si.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *