Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Bersama Om Zaen, Enam Kuintal Ikan di Tabur Dalam Acara Geubiak Balong

×

Bersama Om Zaen, Enam Kuintal Ikan di Tabur Dalam Acara Geubiak Balong

Sebarkan artikel ini

Radarnesia.com- Geubiak Balong ialah menangkap ikan secara beramai-ramai (massal), Kegiatan Geubiak Balong ini merupakan tradisi peninggalan budaya Priangan di masa lalu.

Saepul Bahri yang biasa di sapa Om zaen ikut meramaikan tradisi Geubiak Balong tersebut dengan menebar kurang lebih 6 kuintal ikan dalam balong. Acara kegiatan tersebut dilaksanakan di kampung Wangun jaya rt 11/rw 03 Desa Citalang Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Jawabarat.

“Kegiatan geubiak balong ini sudah tradisi masyarakat Sunda dan kegiatan ini sudah sering kita lakukan dibeberapa tempat. Tapi, Untuk kali acara geubiak balong yang kita lakukan di Desa Citalang sebagai rasa syukur sekaligus acara Munggahan dikarenakan sebentar lagi kita memasuki bulan puasa dan bulan suci Ramadhan,” ujar Saepul Bahri sekaligus Calon Bupati Purwakarta, Rabu (28/02/2024).

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Harga Sembako di Pasar Pagi Pemalang Relatif Stabil

Terlihat dalam kegiatan geubiak balong tersebut antusias serta semangat masyarakat Citalang mulai dari orang tua, Dewasa hingga anak-anak sangat senang serta semangat mengikuti acara tersebut.

Baca Juga:  Mencegah Perang Sarung, Bupati Pemalang Minta Kepala Desa dan Camat Melakukan Pengawasan

“Saya lihat semua masyarakat sangat senang, antusias serta semangat untuk mengikuti acara ini, mudah-mudahan kedepan acara geubiak balong ini dapat kita lakukan lagi ditempat ini dan tempat-tempat lain,”ungkap Sepul Bahri. (Juntak)