Scroll untuk baca artikel
Serba Serbi

Cara Menggunakan Fitur Baru Google Maps Bisa Lihat Suasana Bangunan Sekitar Bentuk 3D

×

Cara Menggunakan Fitur Baru Google Maps Bisa Lihat Suasana Bangunan Sekitar Bentuk 3D

Sebarkan artikel ini
Cara Menggunakan Fitur Baru Google Maps Bisa Lihat Suasana Bangunan Sekitar Bentuk 3D

Radarnesia.com – Siapa yang tidak memiliki aplikasi Google Maps di perangkat smartphone yang kita gunakan sehari-hari? Jawabannya pasti tidak ada. Google Maps bisa dibilang menjadi aplikasi peta digital yang terinstal dan digunakan oleh hampir setiap orang di seluruh dunia saat ini.

Karena popularitasnya, tak heran kalau Google selaku siempunya platform terus mengimprove aplikasinya dengan berbagai fitur dan kemampuan terbaru. Hal ini bertujuan untuk semakin memudahkan dan meningkatkan pengalaman penggunanya.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Misalnya, Google Maps telah cukup lama mendukung tampilan bangunan dalam 3D atau tiga dimensi, namun kini aplikasi tersebut sedang menguji kemampuan untuk menampilkan bangunan 3D tersebut saat bernavigasi di aplikasi seluler serta di Android Auto.

Dilansir dari Phone Arena, bangunan 3D di Google Maps tidak muncul secara default, melainkan saat Anda mengaktifkan beberapa layer di aplikasi. Bangunan muncul dalam 3D baik di kota atau di area yang lebih kecil juga.

Meskipun Anda sudah lama dapat melihat bangunan dalam 3D di Google Maps, Google kini mengizinkan Anda melihat bangunan 3D saat bernavigasi dari titik “A” ke titik “B” menggunakan aplikasi seluler di iOS dan Android dan juga saat menggunakan Android Auto.

Namun hal ini tidak bekerja secara otomatis. Untuk mengaktifkan bangunan 3D saat bernavigasi, tekan tombol lapisan sebelum Anda mulai bernavigasi. Di bawah Detail peta, tekan tombol 3D. Mulailah bernavigasi dan perbesar sedikit agar bangunan muncul dalam 3D.

Fitur ini muncul di Pixel 6 Pro saya yang menjalankan Android 14 QPR2 beta terbaru. Menurut salah satu pengguna Reddit, jika tampilan 3D suatu bangunan menghalangi rute, bangunan tersebut akan menjadi hampir transparan sehingga Anda dapat melihatnya.

Redditor yang sama yang memposting gambar bangunan 3D “semi-buram” menggunakan Google Maps di Android Auto. Beberapa pengguna di Reddit melihat bangunan 3D beraksi di Google Maps, dengan bangunan menjadi transparan saat menghalangi rute.

“Saya mulai memperhatikan tampilan 3D yang bagus ini di Google Maps AA (Android Auto) saya mungkin selama sekitar satu minggu. Saya tidak ingat melakukan perubahan apa pun pada pengaturan Google Map atau AA selama ini, jadi menurutku itu hanya aktif dengan sendirinya. Kelihatannya sangat bagus bagiku. Bangunannya semi-buram sehingga tidak terlalu menghalangi bahkan untuk kota seperti tempatku tinggal dengan banyak sekali gedung-gedung tinggi di mana-mana,” tulis pengguna Reddit dengan nama “seemebreakthis” yang menggunakan Android Auto di mobil BMW i4 450 dan tinggal di Hong Kong.

Sementara itu, menurut 9to5Google, perlu diperhatikan bahwa belum semua ponsel iOS dan Android menerima fitur ini dan bahkan lebih jarang lagi pengguna Android Auto yang melihat bangunan 3D saat bernavigasi. Dan itu berarti Google dapat mengujinya menggunakan salah satu pengujian A/B yang terkenal. Perubahan baru dalam pengujian saat ini, beberapa pengguna melihatnya pada pertengahan Desember. Selain itu, beberapa pengguna ada yang memperhatikan penambahan tersebut pada minggu ini.