Scroll untuk baca artikel
Serba Serbi

Ini Loh 5 Kabupaten/Kota di Indonesia Memiliki Jumlah Tetangga Terbanyak

×

Ini Loh 5 Kabupaten/Kota di Indonesia Memiliki Jumlah Tetangga Terbanyak

Sebarkan artikel ini

RADARNESIA.COM – Pada umumnya, perbatasan administrasi antar kabupaten atau kota berupa perbatasan alami dan perbatasan buatan.

Dari seluruh 514 kabupaten kota yang ada di Indonesia, 33 di antaranya tidak berbatasan dengan daratan.

Kebanyakan dari wilayah tersebut berbatasan dengan lebih dari satu kabupaten kota, bahkan ada juga kabupaten yang berbatasan dengan 11 kabupaten sekaligus.

Dikutip dari YouTube Mahasiswa Geografi, berikut ini lima kota atau kabupaten di Indonesia yang memiliki jumlah tetangga terbanyak.

1. Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat

Kabupaten pertama yang memiliki tetangga terbanyak adalah Kabupaten Solok yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga:  Cara Efektif Mengatasi Stres dan Kecemasan dengan Terapi Musik

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tanah Datar di Utara, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya di Timur, Kabupaten Solok di Selatan, Kabupaten Pesisir Kota Padang.

Kemudian, Kabupaten Padang Pariaman di Barat, serta kota Solok yang ada di kabupaten ini. Dari jumlah tetangga yang dimiliki oleh Kabupaten Solok adalah sembilan kabupaten kota.

2. Kabupatem Tebo, Provinsi Jambi

Perbatasan yang ada di Kabupaten Tebo di antaranya berbatasan dengan Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Indragiri Hulu di Utara.

Selain itu, berbatasan juga dengan Mabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Kabupaten Batanghari di wilayah Timur.

Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Merangin di Selatan, serta Kabupaten Bungo, Kabupaten Dharmasraya di Barat. Jumlah tetangga yang dimiliki oleh kabupaten ini adalah sembilan kabupaten kota.

Baca Juga:  11 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

3. Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan

Kabupaten ini berbatasan dengan Musi Rawas Utara di Utara, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dan Kabupaten Enim di Timur.

Kabupaten Lahat, Kabupaten Empat Lawang di Selatan, serta Kota Lubuklinggau, Mabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lembung di Barat. Total tetangga yang dimiliki adalah sembilan kabupaten kota.

4. Kabupaten Malang, Jawa Provinsi Jawa Timur

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu, dan Kabupaten Pasuruan di Utara.

Baca Juga:  Bahaya Tersembunyi dari Penggunaan Rokok Elektronik

Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang di Timur, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri di Barat serta Kota Malang. Jadi, total tetangga yang dimiliki oleh kabupaten Malang sebanyak sembilan kabupaten kota.

5. Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Kabupaten Bogor berbatasan dengan kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi di utara.

Serta, kabupaten Karawang, dan kabupaten Purwakarta di timur, juga Kabupaten Cianjur dan kabupaten Sukabumi di selatan.

Lalu, Kabupaten Lebak di barat, serta Kota Bogor yang merupakan engklov dari kabupaten ini. Jadi, jumlah tetangga yang dimiliki oleh kabupaten ini adalah 11 kabupaten kota.***