Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Ketua DWP Sampaikan 7 Pilar Untuk Mewujudkan Germas

×

Ketua DWP Sampaikan 7 Pilar Untuk Mewujudkan Germas

Sebarkan artikel ini
Ketua Dwp Sampaikan 7 Pilar Untuk Mewujudkan Germas

RADARNESIA.COM – Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten bengkalis gelar acara Seminar Sehari dengan tema “Sehat, Cantik dan Mempesona Pada Usianya. Bersama Bergerak Menyukseskan Germas”, Senin 27/5/2024 di Gedung Daerah Datuk Lesmana Raja Di Laut yang dibuka langsung oleh Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Kemasyarakatan dan SDM Johansyah Syafri.

Dalam sambutan Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Ny. Ira Vandriyani Ersan mengatakan bahwa seminar ini bertujuan agar para wanita-wanita yang tergabung dalam organisasi DWP ini dapat meningkatkan eksistensi diri, khususnya dalam memperkuat komitmennya secara bersama-sama dalam mempraktekkan pola hidup sehat dan pentingnya akan hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan kuat serta sejahtera.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Selain itu lanjutnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Bengkalis.

“Untuk itu, dibutuhkan peran dan keseriusan ibu-ibu dan seluruh elemen masyarakat untuk benar-benar menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat khususnya di kehidupan sehari-hari, karena kunci kesuksesan germas ini sangat ditentukan oleh peran masyarakat itu sendiri dalam mendukung serta menyukseskan berbagai program integrasi germas,” pinta Vendriyani.

Demi terwujudnya germas ini, kata Vendriyani, ibu-ibu harus dapat menjalankan tujuh pilar germas secara sungguh-sungguh. Pertama adalah rutin melakukan aktivitas fisik, kami menyarankan ibu untuk rajin melaksanakan olahraga atau senam massal secara berkala.

Kemudian yang kedua adalah rajin mengkonsumsi buah dan sayur, karena tubuh kita membutuhkan makanan berserat yang banyak didapat dari sayuran dan buah-buahan.

Selanjutnya pilar yang ketiga untuk germas adalah tidak merokok. Keempat tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Kelima rajin melakukan pemeriksaan kesehatan berkala, kunjungi puskesmas atau pustu maupun pusat kesehatan masyarakat lainnya, agar setiap kita tahu bahwa tubuh kita apakah sehat atau tidak.

Dan keenam adalah menjaga kebersihan lingkungan, mari kita jadikan lingkungan disekitar kita agar tetap terlihat asri dan bersih dan pilar ketujuh adalah sanitasi yang sehat.

“Kami, terus berupaya menjamin agar angka indeks kesehatan masyarakat di daerah ini senantiasa baik, sesuai dengan visi kita untuk mewujudkan Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera,” ujar Vendriyani.

Kepada seluruh peserta seminar, untuk dapat kiranya mengikuti kegiatan ini hingga tuntas, karena banyak ilmu yang akan kita dapatkan dari narasumber nantinya. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, tentunya kita akan semakin cerdas, pintanya.