Scroll untuk baca artikel
Politik

Poros Ke Empat Golkar – PAN Bisa Menjadi Sandungan Anies, Begini Kata Pakar Politik

×

Poros Ke Empat Golkar – PAN Bisa Menjadi Sandungan Anies, Begini Kata Pakar Politik

Sebarkan artikel ini
Screenshot 2023 07 06 13 12 02 23 Poros Ke Empat Golkar - Pan Bisa Menjadi Sandungan Anies, Begini Kata Pakar Politik

Radarnesia.com – Pakar politik sekaligus akademikus Universitas Bengkulu Dr Panji Suminar mengatakan pembentukan poros keempat di antara Golkar dan PAN bisa menjadi batu sandungan bagi Anies Baswedan di Pemilu Presiden 2024.

“Kalau PAN dan Golkar mau membuat poros keempat, maka ini dapat meruntuhkan Anies Baswedan di Pilpres. Dan saya rasa oligarki politik juga merestui poros keempat,” kata Panji Suminar seperti dilansir elsinta Rabu 5 Juli 2023.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Ketika Golkar dan PAN mencalonkan presiden dan wakil presiden sendiri, lanjut dia maka kader dan simpatisan akar rumput yang memiliki kecenderungan pada sosok Anies Baswedan kembali “ke rumah sendiri” ke parpol masing-masing.

Soliditas kedua parpol menjadi lebih baik, dan juga memberikan dampak positif dalam memastikan Golkar dan PAN lolos ambang batas parlemen di Pemilu legislatif 2024.

Baca Juga:  Budi Setiawan Ambil Formulir Pendaftaran Calon Walikota Jambi di Partai Gerindra

Panji mengatakan, kedua parpol juga tidak perlu khawatir kalau memang tidak menang di pilpres karena mereka tetap dapat “memenangkan” Pemilu 2024.

“Mereka dipersiapkan memang tidak menang di pilpres melihat sosok elektabilitas ketua umum partai kalau berpasangan. Tapi mereka sesungguhnya masuk dalam pemenang, karena aman ambang batas parlemen, dan di pilpres mereka melanjutkan dukungan pada calon paling potensial terpilih di putaran kedua pilpres,” ujar Panji.

Baca Juga:  Mahkamah Konstitusi Bacakan Putusan Dismissal 21 dan 22 Mei 2024

Panji Suminar melihat Golkar dan PAN merupakan partai besar dengan ego yang besar, sehingga mencalonkan sosok ketua umum sendiri menjadi capres dan cawapres akan lebih menguntungkan dan mencegah parpol terbelah karena beda dukungan capres.