Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Abaikan K3, Wakil Ketua KPP Purwakarta: Jangan Sampai Ada Korban Jiwa Dulu Baru Diterapkan K3

×

Abaikan K3, Wakil Ketua KPP Purwakarta: Jangan Sampai Ada Korban Jiwa Dulu Baru Diterapkan K3

Sebarkan artikel ini
Para Pekerja Terpantau Tidak Menggunakan K3 Pada Kegiatan Pembangunan

RADARNESIA.COM- Dalam setiap kegiatan kontruksi dipastikan dalam kontrak kerja ada penerapan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) bagi para pekerja sebagai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Akan tetapi dilapangan masih ada saja kontraktor atau penyedia jasa yang mengabaikan aturan SOP tersebut. Seperti yang terlihat jelas pada Kegiatan pembangunan gedung ruang kelas baru (RKB) MAN Purwakarta yang berlokasi di jalan veteran no 299 Kelurahan Ciseureuh Kecamatan/Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

Kegiatan pengelolaan dan pembinaan pendidikan madrasah yang bersumber dari dana SBSN tahun anggaran 2024 Nomor kontrak B-01720/KW.10/Ks.01.7/02/2024 dengan pagu anggaran senilai Rp 3.234.625.000 (Tiga Miliar Dua Ratus Tiga Puluh Empat Juta Enam Ratus Dua Puluh Lima Rupiah) yang dikerjakan oleh CV Anugerah Cipta Bersama sebagian kontraktor pelaksana dengan waktu pelaksanaan 150 hari kalender, diduga kuat kangkangi UU no 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Baca Juga:  Polda Riau Gagalkan Peredaran 100 Kilogram Sabu dari 17 Tersangka Jaringan Internasional
Terlihat Jelas Para Pekerja Tidak Menggunakan K3 Pada Saat Kegiatan

Wakil ketua Komunitas Peduli Purwakarta (KPP) Tarman Sanjaya, ikut menyoroti kegiatan pembangunan tersebut, ia mengatakan, setiap kegiatan baik kontruksi maupun infrastruktur di wajibkan memakai K3 sebagai SOP karena anggaran nya sudah disediakan.

Baca Juga:  Pemkab Inhil Tutup Pusat Kuliner Kelapa Gading Tembilahan Karena Dijadikan Tempat Maksiat

“Undang undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan pasal 86 ayat 1 huruf (a) jelas bunyinya, Setiap pekerjaan mempunyai hak untuk mendapatkan perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja, tapi dilapangan kok para pekerja tidak menggunakan K3?? bahkan terkesan dibiarkan, Padahalkan anggaran untuk K3 ada,” Ujar Tarman Sanjaya, Rabu (27/03/2024).

Baca Juga:  Begini Penampakan Pesawat Caravan Asia One Air PK-LTF yang Ditembak OTK di Papua Tengah

Lanjut Tarman Sanjaya, “Tentu ini menjadi tanda tanya besar, anggaran K3 nya dikemanakan?? Itukan pekerjaan miliaran rupiah tapi penerapan K3 nya tidak maksimal, atau jangan jangan anggaran untuk K3 masuk kantong pribadi atau memang tidak ada ketegasan dari pihak terkait dalam mengawasi terhadap penyedia jasa tanpa memikirkan keselamatan para pekerja?? jangan sampai ada korban jiwa dulu baru pengawasan dilakukan,”ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi resmi dari pihak madrasah maupun pihak penyedia jasa.