Scroll untuk baca artikel
Nasional

Brunei Bangun Kereta Cepat Tembus IKN Nusantara

×

Brunei Bangun Kereta Cepat Tembus IKN Nusantara

Sebarkan artikel ini

RADARNESIA.COM – Jaringan kereta berkecepatan tinggi pertama di Kalimantan kini diusulkan. Proyek ini dirancang untuk memperpendek jarak perjalanan antara Kalimantan RI, Sarawak dan Sabah Malaysia, serta Brunei Darussalam.

Brunergy Utama Sdn Bhd yang berbasis di Brunei mengumumkan bahwa proyek Kereta Api (KA) Trans Borneo akan dilaksanakan dalam dua tahap yang melibatkan rute sepanjang 1.620 kilometer.

Disebutkan jarak rata-rata antar stasiun masing-masing adalah 150 km dan kecepatan kereta antara 300 hingga 350 kilometer per jam, dengan perkiraan waktu tempuh rata-rata antar stasiun hanya 30 menit.

“Tahap pertama akan menghubungkan kota-kota dari pesisir Barat hingga Pantai Timur, dimulai di Pontianak, Kalimantan Barat, dan berakhir di Kota Kinabalu, Sabah, yang merupakan kawasan fokus ekonomi,” demikian keterangan dalam situs webnya, seperti dikutip MalayMail pada Senin (1/4/2024).

Baca Juga:  Komisi XI DPR Wanti-wanti OJK Mitigasi Ketat Kenaikan Gagal Bayar Kredit Jelang Lebaran

“Rutenya akan mencakup kota-kota seperti Kota Kinabalu, Kimanis/Papar, Beaufort, Sipitang, Lawas, Bangar, Limbang, Bukit Panggal, Miri, Bintulu, Sibu, Sri Aman, Kuching, Sambas Singkawang, Mempawah dan Pontianak,” tambahnya.

Sementara itu, kata perusahaan, tahap kedua akan melibatkan Kalimantan Utara dan Timur yang menghubungkan jalur utama dengan Samarinda dan ke ibu kota baru Indonesia, Nusantara. Rute tersebut meliputi Long Seridan, Ba Kelalan, Long Bawan, Malinau, Tanjung Selor, Tanjung Redeb, Pengadan, Lubuk Tutung, Bontang, Samarinda dan Balikpapan.

Baca Juga:  Sekjen DPR RI Indra Iskandar Diperiksa Penyidik KPK Enam Jam

KA Trans Borneo akan memiliki empat terminal yang berfungsi sebagai hub utama transportasi massal, serta 24 stasiun yang tersebar di seluruh pulau. Kedua rute tersebut akan bertemu di distrik Tutong di Brunei, yang berfungsi sebagai pusat jalur kereta api.***