Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Bupati Pessel Hadiri Halal bi Halal di Kecamatan Koto XI Tarusan, Ini Yang Disampaikannya

×

Bupati Pessel Hadiri Halal bi Halal di Kecamatan Koto XI Tarusan, Ini Yang Disampaikannya

Sebarkan artikel ini
Bupati Pessel Hadiri Halal Bi Halal Di Kecamatan Koto Xi Tarusan, Ini Yang Disampaikannya

RADARNESIA.COM – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menghadiri acara Silaturahmi dan Halal bi Halal bersama guru Paud, TK, SD dan SMP, di Masjid Raya Ampang Pulai, Kenagarian Jinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, pada Rabu (8/5/2024).

Halal bi Halal tersebut diselenggarakan oleh Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dihadiri ratusan guru PAUD, TK, SD, dan SMP se Kecamatan Koto XI Tarusan.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Selain bupati pada kegiatan itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Salim Muhaimin, diwakili Kabid SD Lendra, dan juga Kabid SMP Sudirman, Kabid GTK Darmawi, Kabag Kesra Andi Syafrinal, Wali Nagari, Pengawas dan undangan lainya.

Bupati Rusma Yul Anwar dalam sambutannya mengatakan bahwa kemampuan literasi siswa mengalami peningkatan di daerah setempat.

Menurutnya, dalam pencapaian semua itu tidak lah mudah. Keberhasilan tersebut berkat peran dan partisipasi dari ibuk – ibuk semua.

“Alhamdulillah, Saya merasa bangga. Terima kasih kepada buk semuanya karena untuk pencapaian ini tidak lah mudah. Ini berkat partisipasi dan peran serta ibuk semua,” ungkap bupati.

Bupati mengatakan ia terus fokus untuk membenahi Putera – Puteri ke depannya tampa mengesampingkan sektor yang lainnya.

Ia menyebut kualitas sumber daya manusia merupakan kebutuhan mendesak di daerahnya mengingat kian pesat kemajuan saat ini.

Sehingga dengan begitu pemerintah kabupaten pesisir selatan wajib menyiapkan generasi penerus yang akan menjadi estafet pembangunan daerah.

“Jadi, kita harus mesti berbenah karena membangun sumber daya manusia (SDM) ini butuh waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel, Salim Muhaimin diwakili Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Lendra menyebutkan kemampuan literasi siswa di daerah itu mengalami peningkatan sebesar 14,43 persen.

“Khusus nilai Kemampuan Literasi, mengalami peningkatan signifikan. Di mana pada tahun 2022 sebesar 49,07, menjadi 63,50 di tahun 2023. Ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 14,43 persen,” jelas Lendra.

“Selain itu nilai kemampuan Numerasi, juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dimana pada tahun 2022 sebesar 31,35, di tahun 2023 menjadi 59,79 . Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 28,44 persen,” katanya lagi.(Mil)