Scroll untuk baca artikel
Nasional

Cuaca di Arab Saudi Diperkirakan Capai 50 Derajat Celcius

×

Cuaca di Arab Saudi Diperkirakan Capai 50 Derajat Celcius

Sebarkan artikel ini
Cuaca Di Arab Saudi Diperkirakan Capai 50 Derajat Celcius

RADARNESIA.COM – Cuaca di Arab Saudi akan menjadi tantangan tersendiri untuk seluruh jemaah haji asal Indonesia. Termasuk dari Provinsi Riau. Pasalnya, pada saat musim haji 2024 ini, suhu di Arab Saudi diperkirakan mencapai 50 derajat celcius.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sri Sadono Mulyanto, mengimbau kepada Jama’ah Calon Haji (JCH) Riau agar menyiapkan fisiknya dengan baik. Sebab kondisi cuaca di arab Saudi cukup panas dan berbeda dengan di tanah air.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Kesiapan dan persiapan fisik jamaah menjadi penting sebelum dan saat berada di Tanah Suci. Jamaah bisa mengatur cara ibadah mereka dengan efektif. Karena mereka yang mengetahui kondisi fisik masing-masing.

“Persiapkan fisik dengan baik, harus rajin berolahraga, supaya daya tahan tubuh lebih kuat,” kata pria yang akrab disapa dr Ibeng ini, Minggu (5/5/2024).

Selain itu, jamaah haji juga disarankan tidak memaksakan diri mengejar ibadah sunah saat panas terik di Arab Saudi.

Jamaah haji diminta tidak melakukan aktivitas yang berat saat kedatangannya ke tanah suci, baik di Madinah atau di Makkah.

“Jaga asupan makanan dan minuman yang cukup. Kemudian pilih waktu beribadah di mana suhu yang dirasakan tidak terlalu panas,” katanya.

Kemudian jamaah juga diimbau untuk menghindari paparan sinar matahari ke tubuh secara langsung.

“Sebaiknya sediakan juga sprayer atau botol penyemprot air. Bisa juga pakai krim yang mengandung perlindungan sinar UV,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada para JCH Riau agar sebelum keberangkatan ke tanah suci bisa melakukan pengecekkan kesehatan. Sehingga bisa disiapkan lebih awal apa makanan atau obat-obatan yang harus disiapkan.

“Cek kesehatan dulu lah, supaya bisa dilakukan antisipasi sebelum keberangkatan,” ujarnya.

Sementara terkait jadwal keberangkatan, JCH asal Riau dijadwalkan akan mulai diberangkatkan mulai tanggal 12 Mei 2014. Untuk JCH kloter pertama akan diberangkatkan dari Bandara SSK II Pekanbaru, menuju embarkasi Batam.

Selanjutnya akan diberangkatkan ke tanah suci pada tanggal 13 Mei 2024 menuju Madinah.

Mulai tahun ini seluruh JCH Riau akan diberangkatkan melalui embarkasi Haji Batam. Di mana Riau berada di kloter 3 embarkasi Batam, bergabung bersama Kepri dan Jambi. Untuk keberangkatan JCH Riau dari ada yang melalui jalur udara dan jalur laut.

Untuk daerah yang berangkat melalui jalur laut di antaranya, Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, Bengkalis, Siak, Meranti, dan Indragiri Hilir. Sedangkan jalur udara dari Pekanbaru, Kota Pekanbaru, Rohul, Kuansing, Inhu, Pelalawan, dan Kampar.

“JCH kita mulai diberangkatkan tanggal 12 Mei dari Bandara SSK II Pekanbaru menuju Batam. Kemudian besoknya, tanggal 13 Mei baru berangkat dari Batam menuju ke tanah suci langsung ke Madinah. Begitu seterusnya sampai 12 Kloter,” katanya.