Scroll untuk baca artikel
Nasional

Indonesia Bakal Jadi Rantai Pasok Apple Dunia, CEO Apple Tim Cook Temui Jokowi

×

Indonesia Bakal Jadi Rantai Pasok Apple Dunia, CEO Apple Tim Cook Temui Jokowi

Sebarkan artikel ini
Indonesia Bakal Jadi Rantai Pasok Apple Dunia, Ceo Apple Tim Cook Temui Jokowi

RADARNESIA.COM – CEO Apple Tim Cook akhirnya tiba di Indonesia. Hal ini diketahui lewat unggahan di akun media sosial (medsos) X, Selasa (16/4/2024).

“Halo Indonesia, apa kabar? Sate ayam dengan fotografer iPhone Sofyan Pratama adalah cara sempurna untuk memulai waktu saya di Jakarta!,” cuit bos Apple itu.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

“Saya berharap dapat bertemu lebih banyak lagi komunitas dan pengembang kreatif Indonesia selama saya di sini!,” katanya.

Adapun kunjungan Tim Cook di Indonesia sendiri sudah terungkap sejak bulan lalu. Disebutkan, dirinya dijadwalkan akan meninjau Apple Developer Academy yang ada di Indonesia.

Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/04/2024) Ada beberapa hal yang akan dibahas CEO Apple dengan Jokowi, salah satunya tentang rencana investasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi yang menemani Jokowi ketemu dengan Tim Cook mengatakan, Apple menjadi perusahaan yang bakal melibatkan Indonesia sebagai rantai pasok global.

“Apple ini bagian dari bagaimana negara kita menarik investasi dan perhatian bagi ekosistem kemajuan teknologi ke depan,” kata Budi Arie di Istana Kepresidenan dikutip dari kanal News, Rabu (17/4/2024).

Kendati demikian, Menkominfo belum mengungkap soal agenda pembahasan ketika orang nomor satu Apple itu hadir di Indonesia.

Selain meninjau Apple Developer Academy, Tim Cook juga disebut-sebut akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sayangnya, Menkominfo tidak mengungkap soal agenda atau topik yang akan dibahas bersama dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Namun, berdasarkan pernyataannya, ada kemungkinan salah satu topik yang dibahas adalah soal investasi.

“Yang pasti, semua perusahaan-perusahaan besar dari Amerika Serikat dan seluruh negara di dunia akan investasi yang signifikan di Indonesia. Nanti tunggu besok, ada kejutan,” ujar Menkominfo.

Menperin Agus Gumiwang menyatakan produksi ponsel (handphone) di Indonesia pada 2023 mencapai 49 juta unit, sedangkan impornya hanya sebesar 2,79 juta unit.

Dari 2,79 juta unit ponsel yang diimpor itu, sebanyak 85 persennya berasal dari produk Apple.

Menurut Agus, Apple merupakan pendekatan yang unik agar pemerintah dapat menciptakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) demi menciptakan nilai tambah untuk Negara.

“Oleh sebab itu kepentingan dari Indonesia tetap adalah menciptakan nilai tambahnya di Indonesia,” pungkas Menperin.