Scroll untuk baca artikel
NasionalUnggulan

Indonesia Diprediksi Jadi Negara Ekonomi Terkuat Keempat di Dunia Pada 2045

×

Indonesia Diprediksi Jadi Negara Ekonomi Terkuat Keempat di Dunia Pada 2045

Sebarkan artikel ini
Screenshot 2023 08 16 14 19 55 68 Indonesia Diprediksi Jadi Negara Ekonomi Terkuat Keempat Di Dunia Pada 2045

Radarnesia.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan pada 2045 nanti, Indonesia diprediksi akan menduduki posisi sebagai negara dengan ekonomi terkuat keempat di dunia. Sehingga diharapkan Indonesia mampu menjadi katalisator upaya-upaya global.

“Untuk membangun kerjasama yang erat, dan membangun tatanan dunia baru yang adil dan beradab, sebagai penerjemahan dari nilai-nilai Pancasila, yang telah digali oleh Bung Karno dan para pendiri bangsa dari akar tradisi bangsa Indonesia,” kata Bambang Soesatyo saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

“Nantinya akan kita persembahkan untuk peradaban dunia yang berprinsip pada lima sila Pancasila. Karena itu, MPR meneguhkan diri sebagai “Rumah Kebangsaan, Pengawal Ideologi Pancasila, dan Kedaulatan Rakyat”,” imbuhnya

Menurutnya, sistem ekonomi dan politik global. Di tambah lagi, kekuatan kolektif ASEAN yang selalu digadang-gadang sebagai basis pertumbuhan baru dunia. Indonesia akan dihadapkan dengan realitas yang kompleks menuju 2045 nanti, di mana Asia akan menjadi episentrum pertumbuhan global.

Baca Juga:  Delapan Instansi Buka Formasi CPNS 2024 Bagi Lulusan Sekolah Kedinasan

“Dalam situasi itulah, penting bagi kita semua untuk mengangkat kembali kesadaran wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda, yang kini tengah tumbuh dan mendominasi postur demografi penduduk,” ujarnya

Di kalangan aparatur sipil negara, generasi milineal dan generasi Z mulai mendominasi, dengan proporsi mencapai 53 persen. Di dalam pemilihan umum 2024 nanti, komposisi keduanya juga mencapai 61 persen dari jumlah pemilih. Hal itu menunjukkan bahwa transisi antar-generasi sedang berlangsung, baik di tubuh birokrasi negara, maupun di kancah perpolitikan.

Baca Juga:  Panglima TNI Rotasi dan Mutasi 42 Perwira Tinggi TNI

“Situasi itu harus disikapi dengan upaya serius untuk menstimulasi wawasan kebangsaan bagi generasi muda,” imbuhnya.

Keterangan Foto: Sidang Tahunan MPR 2023 Sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR – DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).