Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Ketua TP-PKK Provinsi Riau Tinjau RSJ Tampan

×

Ketua TP-PKK Provinsi Riau Tinjau RSJ Tampan

Sebarkan artikel ini
Ketua Tp-Pkk Provinsi Riau Tinjau Rsj Tampan

RADARNESIA.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Riau, Suti Mulyati melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Senin (12/2/2024)

Dalam peninjauan tersebut, Ketua TP-PKK didampingi oleh Direktur RSJ Tampan Riau, Zainal Arifin beserta jajaran berkeliling melihat fasilitas dan kondisi pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang dirawat disana.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Menurut data yang ada, setidaknya terdapat 314 orang pasien ODGJ yang saat ini tengah menjalani perawatan di RSJ Tampan.

“Kami dari TP-PKK Provinsi Riau. Saya hadir bersama ibu-ibu TP-PKK, nanti juga akan memberikan sedikit tanda kasih kepada bapak dan ibu (pasien) disini,” ujar Suti Mulyati.

Pada tempat pertama yang dikunjungi Suti Mulyati ialah Ruang Fisik Mandau, disana ia sempat berbincang-bincang dengan para pasien RSJ Tampan yang sedang menjalani perawatan.

Kemudian Ketua TP-PKK dan jajaran melanjutkan peninjauannya ke Ruang Rawat Inap Indragiri, Instalasi Psikososial, dan terakhir ke Gedung Instalasi Napza.

Disana, Suti melihat serangkaian kegiatan yang dijalani para pasien selama mendapat perawatan psikoterapi. Mulai dari kelas menjahit, kelas kerajinan tangan, kelas pertanian, kelas tata boga, dan kelas art terapi.

“Tadi saya lihat ada yang ikut kelas bercocok tanam sayur, ada yang menjahit dan keterampilan,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Ketua TP-PKK juga memberikan sumbangan kepada para pasien berupa biskuit, kain sarung, jilbab dan sajadah.

“Bantuan ini selain dari TP-PKK Riau juga dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB),” kata Suti Mulyati.

Suti berharap, setelah menerima perawatan, para pasien ODGJ ini dapat kembali menjalani kehidupannya dengan normal.

“Saya berharap mereka bisa kembali hidup normal seperti sedia kala. Setelah keluar dari sini (RSJ Tampan), mudah-mudahan tidak kembali lagi kesini,” tutup Ketua TP-PKK Provinsi Riau.