KPU Musnahkan Ribuan Lembar Surat Suara Pemilih Luar Negeri

RADARNESIA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memusnahkan ribuan lembar surat suara Pemilu 2024 untuk pemilihan di luar negeri. Pemusnahan berlangsung di gudang logistik KPU, wilayah Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Selasa (13/2/2024).

Kepala Biro Logistik KPU R Suryanto, mengatakan ribuan surat suara yang dimusnahkan tersebut terdiri dua macam, yakni surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, serta pemilihan anggota DPR dapil 2 DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Hujan Abu Marapi Masih Berlangsung, 18 Pendaki Masih Dicari

“Hari ini dilakukan pemusnahan dua macam surat suara, yaitu surat suara presiden dan wakil presiden sebanyak 1.969 lembar, dan surat suara pemilu anggota DPR dapil 2 DKI Jakarta sebanyak 2.646 lembar,” ujar Suryanto di sela-sela pemusnahan logistik pemilu.

Baca Juga:  Kecelakaan Bus di Tol Cipali, Belasan Korban Meninggal Dievakuasi ke RS di Purwakarta

Ia menjelaskan pemusnahan logistik surat suara tersebut berdasarkan peraturan PKPU nomor 1395 tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Tata Kelola Logistik Pemilihan Umum. Pemusnahan melibatkan pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta TNI-Polri dan instansi terkait lainnya.

“Pemusnahan dihadiri oleh pihak kepolisian dari Resor Metro Kota Tangerang, kemudian kepolisian Resor Bandara Soekarno Hatta dan Bawaslu,” ucapnya.

Surat suara yang dimusnahkan dari panitia pemilihan luar negeri (PPLN) di 95 negara. Surat suara itu masuk kategori lebih, sobek, serta warnanya kurang jelas.

Baca Juga:  Indonesia Optimistis Capai Pertumbuhan Ekonomi di Level 5 Persen pada 2024

“Ini adalah hari terakhir, mungkin di seluruh KPU hari ini juga akan melakukan pemusnahan meskipun bisa jadi waktunya ada yang siang dan ada yang malam,” jelas Suryanto.

Proses pemusnahan ribuan lembar logistik surat suara tersebut dengan cara dibakar dalam tempat yang sudah disiapkan oleh pihak KPU.

Pos terkait