Scroll untuk baca artikel
Serba Serbi

Malam Nisfu Sya’ban 2024, Keutamaan dan Amalannya

×

Malam Nisfu Sya’ban 2024, Keutamaan dan Amalannya

Sebarkan artikel ini

RADARNESIA.COM – Sya’ban adalah bulan ke-8 dalam penanggalan kalender Hijriyah yang dinantikan oleh umat Islam. Apabila masuk bulan Sya’ban, berarti Ramadhan sudah sangat dekat, dan bulan suci itu sudah dirindukan oleh sebagian besar muslim.

Sama seperti bulan-bulan lainnya, Sya’ban juga punya keistimewaan tersendiri. Bulan ini menjadi saksi peralihan kiblat dari Masjidil Aqsa ke Ka’bah di Masjidil Haram. Bulan turunnya ayat tentang anjuran bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, di bulan Sya’ban terdapat malam yang istimewa. Pada malam tersebut Allah SWT melihat kepada makhluk-Nya lalu memberikan ampunan kepada seluruh makhluk-Nya kecuali kepada orang yang menyekutukan Allah atau orang yang bermusuhan.

Baca Juga:  Cara Efektif Mengatasi Stres dan Kecemasan dengan Terapi Musik

Adalah malam Nisfu Sya’ban, malam tanggal 15 di bulan Sya’ban. Pada malam ini terdapat amalan khusus dan doa yang dapat dipanjatkan umat Islam. Kapan malam Nisfu Sya’ban 2024?

Jadwal Malam Nisfu Sya’ban

Merujuk kalender Hijriyah 1445 H yang dirilis Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, awal Sya’ban 1445 H jatuh pada Minggu, 11 Februari 2024. Demikian juga pengumuman Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LFPBNU) bernomor 015/LF-PBNU/II/2024 tentang Awal Sya’ban 1445 H.

“Oleh karena itu, sudah dipastikan untuk awal Sya’ban 1445 H, dan juga bisa kita pastikan bahwa malam Nisfu Sya’ban 1445 H jatuh pada Sabtu malam Ahad, 24 Februari 2024 yang dimulai dari awal waktu Maghrib sampai sebelum awal waktu subuh,’’ kata Ketua Lembaga Falakiyah (LF) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten KH Thobary Syadzily, dikutip dari NU Online Banten, Senin (12/2/20204).

Baca Juga:  5 Alasan Mengapa Generasi Milenial Terobsesi dengan Social Media

Jadi, malam Nisfu Sya’ban 1445 H bertepatan pada Sabtu malam Minggu, 24 Februari 2024. Pada malam ini umat Islam dapat melakukan amalannya. Apa saja amalan malam Nisfu Sya’ban?

Malam Nisfu Sya’ban bertepatan di pertengahan bulan Sya’ban. Di malam tersebut umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Menurut pendakwah Yahya Zainul Ma’arif atau akrab disapa Buya Yahya, malam nisfu Sya’ban merupakan malam yang spesial bagi umat Islam.

Baca Juga:  Cara Menjalankan Puasa Syawal dengan Benar: Kamu Wajib Tahu

Rasulullah SAW mengisyaratkan kelebihan dari malam tersebut. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Sayyidina Muadz bin Jabal dijelaskan bahwa Rasulullah SAW berkata, sesungguhnya Allah SWT melihat setiap saat, nabi melihat setiap saat Allah melihat hamba-Nya di malam Nisfu Sya’ban.

Pada malam nisfu Sya’ban Allah akan memberi pengampunan kepada semua makhluk-Nya. Kecuali bagi orang yang menyekutukan Allah (musyrik) dan punya rasa benci kepada saudaranya.