Musrembang di Kecamatan Lengayang, Bupati: Pesisir Selatan Prioritas Pembangunan SDM

RADARNESIA.COM – Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengungkapkan salah satu faktor utama tumbuh berkembang majunya sebuah daerah menjadi tolak ukur sangat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Oleh karena itu sejak awal Pembangunan Pessel bertumpu pada program-program yang menyasar peningkatan SDM dimaksud.

Bacaan Lainnya

“Misi Pessel jelas bertumpu pada 3 hal saja, peningkatan SDM, kesehatan masyarakat dan kemajuan ekonomi,” kata Bupati saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Lengayang, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga:  Sekda Lantik 11 Pejabat Eselon II dan III Pemprov Jambi, Ini Nama-namanya

Menurut Bupati pembangunan SDM tidak kasat mata sehingga perkembangannya hanya bisa dirasakan.

“Tak seperti kita bangun fisik, saat pekerjaan selesai, bangunan berdiri dengan megah atau jalan terbentang mulus” ujarnya.

Lebih jauh Rusma Yul Anwar  metamsilkan negara Singapura yang minim SDA tapi membangun SDM secara unggul.

“Negara tetangga Singapura, kecil dan air minum saja diimpor dari Malaysia, karena SDM Singapura unggul ekonomi dunia dikuasainya, jalur perdagangan dikontrol termasuk jaringan internet,” tukuk Wakil Bupati 2016-2021 itu.

Oleh karenanya, berbagai program yang menyasar peningkatan SDM terus digiatkan, Program Nagari Bersekolah misalnya memberi ruang yang lebih terbuka untuk mengembalikan nilai-nilai lokal yang arif dan dibalut budaya Minang yang luhur.

Baca Juga:  Wisata Perahu Kalimas Surabaya Tak Beroperasi Setiap Hari karena Debit Air Berkurang

“Pintar saja tidaklah cukup, tetapi bagaimana nilai-nilai kehidupan, attitute menjadi pakaian anak-anak kita,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, Pemda juga mendorong perbaikan pelayanan kesehatan.Bahwa kualitas pelayan kesehatan juga menjadi fokus Pemda, orang sakit siapapun dia wajib dilayani, tak ada perbedaan apapun,” ujarnya.

Terkait dengan pertumbuhan ekonomi Bupati dan jajaran juga terus berupaya agar peningkatan pendapatan masyarakat terus meningkat.

“Indikatornya pertumbuhan ekonomi yang grafiknya naik, walau kita masih merasakan dampak berat Covid-19, pelan tapi pasti geliat ekonomi tumbuh,” sebutnya.

Baca Juga:  Siap Siaga, Penerbang Tempur Lanud RSN Pekanbaru Latihan Terbang Malam

Hal lain rangkaian Musrenbang 2024 dimaksudkan untuk menampung aspirasi bagi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2025. Telah berlangsung hampir sepekan.

Menurut Kepala Bapedalitbang, Hadi Susilo, agenda Musrenbang kecamatan menjadi egenda rutin bagi menampung aspirasi, usulan yang sebelumnya sudah ditampung dari nagari-nagari.

“Setelah Musrenbang kecamatan selesai  akan dilanjutkan dengan Musrenbang kabupaten dan berjenjang sampai nasional,” ujar Hadi.

Dalam kegiatan Musrembang tersebut selain Bupati juga dihadiri oleh Wali nagari, Camat, Kapolsek dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah.(Mil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *