Pesisir Selatan Terima Bantuan RTLH Dari Kementerian, Bupati: Jangan Sampai Menimbulkan Persoalan

Img 20231213 Wa0000

RADARNESIA.COM – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan kembali mendapatkan bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebanyak 1.000 unit tahun ini.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengungkapkan bantuan dari Kementerian itu dia meminta pada penerima bantuan RTLH agar betul – betul bisa memanfaatkan sesuai peruntukanya dan jangan sampai bantuan yang telah diberikan pemerintah itu tidak tepat sasaran.

Bacaan Lainnya

“Kenapa ini saya ingatkan, sebab apabila bantuan ini menimbulkan masalah maka dampaknya bukan hanya bagi daerah kita saja tapi juga bagi calon penerima bantuan pada tahun 2024 mendatang,” kata Bupati Rusma Yul Anwar usai penyerahan secara simbolis buku tabungan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), di Kampung Muara Kandis Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (11/12/2023).

Baca Juga:  Desa Sinar Gunung Laksanakan Acara Serah Terima Pekerjaan Fisik Tahun 2023.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup, Mukridal, Sekjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI diwakili Toni Hermanto Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Swadaya KUR Perumahan Satker Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Mardianto, Camat Linggo Sari Baganti Busrasol dan Wali Nagari se – Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Bupati melanjutkan bantuan tersebut semuanya akan tersebar pada 10 kecamatan. Bantuan itu Rp20 juta per unitnya tampa potongan pajak. Kemudian juga belum termasuk pembuatan jamban atau WC bagi penerima bantuan.

Baca Juga:  Tekan Inflasi, Pemkab Purwakarta Canangkan Gerakan Penanaman Cabai

“Hari ini bantuan itu kami serahkan 586 unit bagi penerima untuk di Kecamatan Linggo Sari Baganti. Jadi kembali saya ingatkan tolong pergunakanlah sesuai dengan peruntukannya,” pintanya.

“Dan saya juga berharap kepada PPK rumah swadaya untuk dikawal dan diawasi dengan sungguh – sungguh pemberian bantuan ini. Kalau ada persoalan tolong diluruskan,” harap Bupati.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup Pessel, Mukridal mengatakan tahun ini mendapatkan bantuan rehab RTLH dari Kementerian PUPR sebanyak 1.000 unit. Bantuan itu akan disebarkan pada 10 kecamatan di daerah setempat.

Baca Juga:  Ketua Dewan Pembina SMSI Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra Akan Dianugerahi Gelar Adat Melayu Jambi, Ini Profilenya

Untuk di Kecamatan Linggo Sari Baganti, kata Mukridal, bantuan rehab RTLH itu sebanyak 586 unit yang akan disebarkan pada 10 Nagari bagi penerima. Ke 10 Nagari itu adalah Nagari Air Haji Tenggara sebanyak 132 unit, Nagari Lagan Hilir Pungasan  20 unit, Nagari Gadang Muara Air Haji 20 Unit.

Selanjutnya, Nagari Pungasan Muara Kandis sebanyak 77 unit, Nagari Pungasan Padang XI 20 unit, Nagari Pasar Bukit Air Haji 137 unit, Nagari Pasar Lama Air Haji 20 unit,

“Kemudian, Nagari Pungasan sebanyak 20 unit, Nagari Pungasan Timur  20 unit dan Nagari Sungai Sirah Air Haji sebanyak 120 unit,” ujarnya.(Mil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *