Sumbar Diguncang Gempa M 4.4, BMKG: Disebabkan Aktivitas Sesar Sumatera

RADARNESIA.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG ) mengumumkan adanya gempabumi berkekuatan magnitudo (M)4,4 di Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu malam (27/1/2024) pukul 23:50 WIB.

Getaran gempabumi dirasakan di wilayah Padang, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, dan Solok Selatan.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Breaking News!!! Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Meninggal Dunia

Demikian diutarakan kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Dr. Suaidi Ahadi, S.T, M.T di Jakarta, Sabtu malam (27/1).

Suaidi mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4.4. Episenter gempabumi terletak pada mi koordinat 0.52° LS ; 100.56° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 Km Barat Daya Batu Sangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat pada kedalaman 10 km.

Baca Juga:  Puluhan Warga Sukaraja Antusias Program Jum'at Berbagi Polres Sukabumi Kota Dan Polsek Sukaraja

“Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bukittinggi dan Padang Panjang dengan skala intensitas III MMI Padang, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, dan Solok Selatan II-III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga:  Desa Sinar Gunung Laksanakan Acara Serah Terima Pekerjaan Fisik Tahun 2023.

Gempabumi susulan hingga pukul 00.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *