Scroll untuk baca artikel
PolitikUnggulan

Ubah Syarat Usia Capres, Ini Pertanyaan Bawaslu RI

×

Ubah Syarat Usia Capres, Ini Pertanyaan Bawaslu RI

Sebarkan artikel ini
Img 20230804 161717 Ubah Syarat Usia Capres, Ini Pertanyaan Bawaslu Ri

Radarnesia.com – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Lolly Suhenty, mempertanyakan urgensi untuk mengubah usia minimum calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan Lolly melalui keterangan tertulisnya, Jumat (4/8/2023).

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

“Hal paling penting untuk jadi bahan pertimbangan bersama, yaitu urgensi perubahan tersebut. Hal mendesak yang melatarbelakangi,” ujar Lolly.

Lolly mempertanyakan apakah perubahan aturan tersebut sudah tepat dilakukan sekarang., apalagi proses Pemilu 2024 tengah berjalan, seperti verifikasi bakal calon anggota DPR.

“Apakah tepat dilakukan perubahan dalam tahapan yang sudah semakin berlari?,” katanya.

Baca Juga:  Kemunculan Bibit Siklon Terdeteksi, BMKG Minta Pemudik Hati-hati dan Waspada

Meski begitu, Lolly menyerahkan putusan terkait usia minimum capres dan cawapres kepada putusan uji materi yang dilayangkan di Mahkamah Konstitusi.

“Jika ingin ada perubahan yang berhak memutuskan gugatan batas usia tersebut ialah Mahkamah Konstitusi,” katanya.

Dia menegaskan aturan yang mengatur tentang batas usia minimal capres dan cawapres belum berubah, yakni Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Adapun aturan tersebut menyebutkan usia minimal capres dan cawapres adalah 40 tahun.

Sebelumnya, tiga gugatan uji materi yang sedang ditangani MK, yaitu pertama Perkara Nomor 29/PUU-XXI/2023 diajukan oleh kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek Prayudi. PSI meminta batas usia minimum capres-cawapres diturunkan dari 40 tahun menjadi 35 tahun.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa Trisakti Jebol Pintu Masuk Belakang DPR

Kedua, Perkara Nomor 51/PUU-XXI/2023 diajukan oleh Sekretaris Jenderal dan Ketua Umum Partai Garuda, yakni Yohanna Murtika dan Ahmad Ridha Sabhana.

Ahmad Ridha diketahui merupakan adik kandung Ketua DPD Partai Gerindra DKI Ahmad Riza Patria. Partai Garuda meminta MK menetapkan batas usia capres dan cawapres tetap 40 tahun atau memiliki pengalaman sebagai penyelenggara negara.

Perkara Nomor 55/PUU-XXI/2023 diajukan oleh dua kader Gerindra, yakni Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dan Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa. Permohonan mereka sama dengan permohonan Partai Garuda.

Baca Juga:  Langkah Budi Setiawan Menuju Kemenangan Pilwako Jambi, Ketua Tim Penjaringan PPP: "Saya Tau Betul Pak Budi Dikenal Orang Banyak"

Dalam persidangan terakhir di MK pada Selasa (1/8/2023), DPR RI dan pemerintah tampak menunjukkan sinyal setuju batas minimum usia capres dan cawapres diturunkan menjadi 35 tahun atau berpengalaman sebagai penyelenggara negara.

Dalam sidang tersebut, DPR diwakili anggota Komisi III dari Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman. Sedangkan, pandangan presiden diwakili Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly dan Mendagri M.Tito Karnavian yang bertindak atas nama Presiden Jokowi.