Wabup Tanjab Barat Ikuti Rakor Forkopimda Provinsi Jambi

RADARNESIA.COM – Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, H. Hairan, SH, mengambil bagian dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi yang bertujuan untuk meningkatkan peran aktif Forkopimda dalam mendeteksi secara cepat potensi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah serentak serta membahas isu-isu aktual Provinsi Jambi tahun 2024. Senin (12/02/24).

Rakor yang digelar di Swiss-Belhotel Jambi tersebut dihadiri Dandim 0419/Tanjab, Kajari Tanjab Barat, Waka Polres, Kepala BPBD, Kepala Kesbangpol, Kabag Pem Setda Tanjabbar serta Rakor tersebut diikuti oleh Bupati Wali Kota se-Provinsi Jambi, Ketua DPRD se-Prov Jambi, Kapolres, Dandim, Kajari, Kepala Kesbangpol se-Provinsi Jambi, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kasatpol pp, Kabag PEM, kepala BPBD Kab/kota se-Provinsi Jambi.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Polisi Mendeteksi Sebanyak 47 TPS Berkategori Rawan di Kota Bekasi

Dalam laporan terkait persiapan pemilu, Wabup Tanjabbar menyampaikan bahwa terdapat sebanyak 6.020 penduduk yang belum merekam di Dukcapil, namun lebih dari setengahnya sudah melakukan perekaman.

“Sampai sekarang masih melakukan perekaman,” tutur Wabup.

Dirinya juga menginformasikan bahwa distribusi logistik tidak mengalami kendala yang signifikan. Dalam hal ini, Wabup meminta kepada Provinsi Jambi untuk dapat menekankan kepada pihak PLN agar memastikan kelancaran dalam penyediaan listrik saat pemilu.

Baca Juga:  Sekda Buka Lomba Sumbang Duo Baleh Tingkat Kabupaten Dharmasraya

Wabup secara keseluruhan menyatakan kesiapan untuk melaksanakan pemilu tahun ini, sambil terus berkomitmen untuk memastikan pelaksanaan pemilu berjalan lancar dan aman bagi semua pihak terkait.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris, dalam sambutannya, menyampaikan kebijakan pemerintah terkait peran Forkopimda dalam Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.2/6474/SJ, Gubernur Al Haris menekankan pentingnya meningkatkan peran aktif Forkopimda melalui pertemuan rutin, langkah-langkah antisipatif, dan melibatkan elemen tokoh masyarakat untuk mewujudkan situasi kondusif jelang pemilihan.

Baca Juga:  Keluar Dari Zona Kuning, Pasaman Barat Terima Penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2023 Dari Ombudsman RI

Gubernur Al Haris juga menyampaikan harapan bahwa Pemerintah Daerah bersama Forkopimda, KPU, Bawaslu, dan semua pemangku kepentingan siap untuk mensukseskan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 melalui langkah-langkah seperti komunikasi intens, pemantauan tahapan Pemilu dan Pilkada, serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam rakor tersebut juga disampaikan penguatan oleh Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Ketua DPRD Provinsi Jambi, dan Plt Kejati Jambi. Mereka secara bersama-sama membahas langkah-langkah untuk mendeteksi secara cepat potensi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak, serta membahas isu-isu aktual yang relevan dengan Provinsi Jambi pada tahun 2024. (**)

Pos terkait