1.309 Personil Gabungan Siap Amankan Libur Natal 2023 dan Malam Tahun Baru 2024

RADARNESIA.COM – Jelang libur Natal 2023 dan malam Tahun Baru 2024, Polresta Bandung menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2023 di Dome Bale Rame, Soreang. Kamis, 21 Desember 2023.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2023 tersebut dipimpin langsung Wakapolresta Bandung AKBP Imron Ermawan dan dihadiri pula Lanud Sulaiman, Kodim 0624 serta stakeholder terkait.

Bacaan Lainnya

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Wakapolresta Bandung AKBP Imron Ermawan mengatakan dalam pengamanan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, sebanyak 1.309 personil gabungan diterjunkan.

Baca Juga:  Operasi Mantap Brata 2024, Unit Samapta Polsek Nagreg Tingkatkan Patroli Dialogis

““Di Kabupaten Bandung Operasi Lilin Lodaya 2023 ini melibatkan 1.309 personel. Yang terdiri dari 815 personel polri, dan dibackup 494 personel gabungan dari Lanud Sulaiman, Kodim 0624, Satpol PP, Dishub dan instansi terkait lainnya,” kata Imron.

Ia menambahkan selama Operasi Lilin Lodaya 2023, pihaknya juga mendirikan 20 pos pengamanan dan pelayanan dibeberapa lokasi.

“Pengamanan nataru ini sebanyak 53 lokasi, kemudian pospam kita ada 20 pos. Terdiri dari pos terpadu atau utama, kemudian pos pam pelayanan, dan pos pam yang tersebar di beberapa titik,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan pihaknya juga telah mempetakan beberapa titik kerawanan khususnya di beberapa jalur seperti arteri, jalur kemacetan dan jalur wisata.

Baca Juga:  Polresta Bandung Raih Penghargaan Dari Ombusman Republik Indonesia

“Titik kerawanan sudah kita petakan dan sudah bersama melaksanakan rakor pam. Pertama di daerah Nagreg, Cileunyi, Sadu, Ciwidey, Solokan Jeruk, Pangalengan, Bojongsoang, dan beberapa titik lainnya,” tuturnya.

“Namun demikian, kami tetap mengantisipasi khususnya kemacetan, terorisme dan bencana alam. Semua tempat wajib kita antisipasi,” sambungnya.

Ditempat yang sama, Komandan Kodim 0624/Kab. Bandung, Letkol Inf Hamzah Budi Susanto menyampaikan, sesuai dengan tugas pokok, TNI ini siap melakukan backup pada Kepolisian.

“TNI yang terlibat di sini ada Kodim 0624/Kabupaten Bandung, Lanud Sulaiman, Gartap, Denpom,” kata Hamzah.

“Kami TNI berbagi tugas sesuai tupoksi masing-masing, untuk Babinsa dikerahkan dan yang langsung terlibat di kegiatan ini sekitar 134 orang,” ujar Hamzah.

Baca Juga:  Sukseskan Pemilu 2024, Pemkab Purwakarta Dukung KPU Kirim Ratusan Nakes Pantau Kesehatan Ribuan Anggota KPPS

Adapun dari total personil yang dikerahkan tersebut, Hamzah menjelaskan dibagi menjadi 60 orang di pos pengamanan dan 74 orang itu terlibat di pos terpadu.

Hal senada diungkapkan oleh Komandan Lanud Sulaiman, Kolonel Pnb, Rohmat Kusmayadi.

Pihaknya menurunkan pasukan sebanyak satu pleton, dalam rangka mendukung Operasi Lilin Lodaya 2023/2024.

“Namun jumlah tersebut dapat kita tambah sesuai dengan permintaan,” ujarnya.

Rohmat memaparkan, satu hal yang signifikan dalam pengamanan Nataru ini, di Lanud Sulaiman terdapat 2 gereja yang paling besar, yaitu Gereja Protestan dan Gereja Katolik.

“Kami dari Lanud telah berupaya semaksimal mungkin, kita juga bekerjasama dengan Kodim dan Polres apabila kita memerlukan bantuan, tentu kita akan segera berkoordinasi,” pungkasnya.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *