Scroll untuk baca artikel
Nasional

Berikut 5 Jurusan Paling Relevan Untuk CPNS 2023

×

Berikut 5 Jurusan Paling Relevan Untuk CPNS 2023

Sebarkan artikel ini
Berikut 5 Jurusan Paling Relevan Untuk Cpns 2023

Radarnesia.com – Mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah salah satu impian banyak orang yang ingin bekerja di sektor pemerintahan.

Untuk meningkatkan peluang sukses dalam seleksi CPNS, memilih jurusan yang relevan dengan posisi yang dilamar adalah langkah penting. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa jurusan yang paling relevan untuk mengikuti CPNS 2023 dan memberikan alasannya.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

1. Jurusan Hukum
Jurusan Hukum sangat relevan untuk berbagai posisi di sektor pemerintahan, terutama dalam bidang hukum, kepegawaian, perundang-undangan, dan penegakan hukum.

Memiliki pengetahuan tentang peraturan hukum, proses hukum, dan kemampuan analisis hukum akan memberikan keunggulan dalam seleksi CPNS. Selain itu, lulusan jurusan Hukum juga memiliki pemahaman yang baik tentang etika dan tata kelola pemerintahan.

2. Jurusan Administrasi Negara
Jurusan Administrasi Negara sangat relevan dengan pekerjaan di sektor pemerintahan. Jurusan ini memberikan pemahaman mendalam tentang sistem administrasi publik, manajemen kepegawaian, kebijakan publik, dan tata kelola pemerintahan.

Lulusan jurusan ini memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola dan menyelenggarakan tugas-tugas administratif di berbagai instansi pemerintah.

3. Jurusan Ekonomi
Jurusan Ekonomi juga sangat relevan dalam lingkungan kerja pemerintahan. Pengetahuan tentang ekonomi makro dan mikro, keuangan publik, perencanaan pembangunan, dan analisis kebijakan ekonomi merupakan aset berharga dalam seleksi CPNS.

4. Jurusan Teknik
Jurusan Teknik, seperti Teknik Sipil, Teknik Elektro, atau Teknik Informatika, relevan dengan posisi di bidang teknis dan infrastruktur di sektor pemerintahan.

Keahlian dalam bidang teknis, pemahaman tentang perencanaan dan konstruksi proyek, serta kemampuan dalam menerapkan teknologi modern akan menjadi nilai tambah dalam seleksi CPNS. Perkembangan infrastruktur dan teknologi di pemerintahan menuntut adanya tenaga yang memiliki keahlian dalam bidang teknik.

5. Jurusan Kesehatan
Jurusan Kesehatan, seperti Kedokteran, Keperawatan, atau Kesehatan Masyarakat, juga relevan dalam seleksi CPNS terutama untuk posisi di bidang kesehatan dan pelayanan masyarakat.

Pengetahuan tentang ilmu kesehatan, keterampilan dalam merawat pasien, pemahaman tentang kebijakan kesehatan, dan kemampuan dalam mengelola program-program kesehatan akan memberikan keunggulan dalam seleksi CPNS di bidang ini.