Dipanggil Dewas KPK Hari Ini, Firli ‘Keukeuh’ Hadiri Pemeriksaan Besok

Ketua Kpk Firli Bahuri 27131a02c9

RADARNESIA.COM – Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Ketua KPK Firli Bahuri terkait dugaan pelanggaran etik pertemuan dan dugaan pemerasan kepada mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), Senin (13/11/2023) hari ini.

Anggota Dewas KPK, Albertina Ho menerangkan, undang pemanggilan Firli sempat dijadwalkan Selasa (14/11/2023) besok. Namun, pihaknya minta dipercepat karena Dewas KPK dihari tesebut melakukan persiapan rapat kerja (Raker) dan surat undangan terbaru telah dikirimkan pada Jumat (10/11/2023) kemarin.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Presiden RI: Guru Miliki Tanggung Jawab Global Cetak SDM Unggul

“Kami semula mengundang (Firli) tanggal 14 kemudian kami minta diajukan pada hari ini (12/11) karena Dewas akan persiapan untuk raker,” kata Albertina kepada awak media di Gedung ACLC KPK C1 (Kantor Dewas), Jakarta Selatan, Senin (12/11/2023).

Sejauh ini, Dewas KPK belum mendapatkan konfirmasi kehadiran Filri dalam pemeriksaan yang bakal dilaksanakan di Gedung ACLC KPK tersebut. Apabila Firli mangkir, Albertina dan rekan akan mendiskusikan penjadwalan pemeriksaan Filri lebih lanjut.

“Belum ada konfirmasi (Filri bakal penuhi panggilan Dewas KPK hari ini). Nanti kita lihat kalau tidak hadir akan didiskusikan di Dewas,” tandas Albertina.

Baca Juga:  Penyaluran BOSP 2024 Catatkan Rekor Tercepat Sepanjang Sejarah

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri menerangkan, Firli bakal hadir pada pemeriksaan Dewas KPK, Selasa (14/11/2023) besok.

“Sesuai Surat resmi Dewas KPK terkait penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK yang akan dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023, Bapak Firli Bahuri mengkonfirmasi akan hadir memenuhi undangan pemeriksaan tersebut sesuai tanggal yang telah ditentukan,” ujar Ali melalui keterangannya, Senin (12/11/2023).

Ali membeberkan di hari ini, Firli memiliki agenda rapat dan kegiatan rutin di Kantor Gedung Merah Putih KPK K4, Jakarta Selatan. Saat dikonfirmasi lebih lanjut terkait permintaan Dewas KPK memeriksa Firli lebih cepat di Senin ini, Ali belum merespon.

Baca Juga:  KPU Musnahkan Ribuan Lembar Surat Suara Pemilih Luar Negeri

Sementara itu diketahui, Polda Metro Jaya juga berencana memeriksa Firli Bahuri terkait kasus dugaan pemerasan ke mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) besok, Selasa (14/11/2023).

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat panggilan ke KPK, Jumat (10/11/2023) untuk Firli Bahuri.

“Pada hari Jumat, tanggal 10 November 2023, penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya kembali telah mengirimkan surat panggilan kepada FB selaku Ketua KPK RI utk dimintai keterangan tambahan sebagai saksi,” ujar Ade dalam keterangannya, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *