Herwyn Tegaskan Peran Masyarakat Sangat Strategis dalam Membantu Bawaslu Mengawasi Pemilu

Screenshot 2023 10 28 02 32 23 68

RADARNESIA.COM – Anggota Bawaslu Herwyn mengungkapkan butuhnya peran serta masyarakat menjadi pengawas pemilu partisipatif sebagai mitra Bawaslu dalam mencegah dan menangkal pelanggaran pemilu. Menurutnya, peran masyarakat sangat strategis karena akan kesulitan bagi Bawaslu untuk mengawasi pemilu tanpa peran serta masyarakat.

“Maka itu, kami (Bawaslu) berharap masyarakat bisa ikut mengawal pemilu. Karena itu sangat strategis,” kata Herwyn dalam ‘Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tahun 2024’, di Bawaslu Jakarta Utara, Jumat (27/10/2023). .

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Pilpres Satu Putaran, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Pasangan Capres Cawapres

Dia mencontohkan, dalam pemutakhiran data pemilih yang bermasalah, ada pemilih yang tidak bertempat di kota A, namun terdata di Kota A hanya karena yang bersangkutan kerja di Kota A.

Baca Juga:  Pengumuman Hasil Seleksi Pengawas TPS Kecamatan Bayang

“Hal seperti ini, masyarakat harus jeli mengawasi juga,” tegasnya.

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat untuk jangan hanya memberikan suaranya dalam TPS, tetapi juga mengawal proses pemilihan suara.

Baca Juga:  Semua Anggota KPPS Salah Satu TPS di Blitar Kompak Mundur

Oleh karena itulah terang Herwyn, menjadi alasan dia sering datang melakukan diskusi dengan masyarakat. Tujuannya untuk bersama Bawaslu, mencari solusi guna menangkal dan mengantisipasi potensi pelanggaran pemilu yang terjadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *