Scroll untuk baca artikel
Pesona Indonesia

Ini Alasan Gadis Dayak Dikenal Cantik dan Berkulit Putih Mulus

×

Ini Alasan Gadis Dayak Dikenal Cantik dan Berkulit Putih Mulus

Sebarkan artikel ini
Img 20230721 144108 Ini Alasan Gadis Dayak Dikenal Cantik Dan Berkulit Putih Mulus

Radarnesia.com – Soal kecantikan gadis Suku Dayak di Kalimantan tidak diragukan lagi, bukan saja kecantikannya terkenal di Indonesia, tapi hingga mancanegara.

Umumnya, wanita suku dayak berkulit kuning langsat dan mulus, matanya tajam dan punya bentuk muka yang khas. Mereka identik dengan gadis-gadis Tionghoa.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Kalau dilihat dari sejarahnya, ada yang mengatakan, leluhur orang Dayak ada yang berasal dari Cina. Hal ini membuat wajah perempuan Dayak terlihat punya kemiripan perempuan Tionghoa.

Gadis dayak dikenal mempunyai mata elang yang siap memilikat hati siapa saja yang memandangnya. Gadis Dayak terkenal dengan mata yang menyerupai mata elang.

Sangat indah dipandang dan menawan untuk dilirik. Namun, tidak semua gadis Dayak memiliki mata seperti elang. Ada juga yang bermata sipit seperti bangsa Tionghoa.

Baca Juga:  Tradisi Seba Baduy, Seribu Lebih Warga Akan Turun Gunung ke Kota

Diantara rahasianya, mereka masih menggunakan ramuan herbal untuk menjaga kecantikan wajah dan kesehatan kulit. Namun tidak dipungkiri pada masa sekarang sudah banyak yang menggunakan perawatan modern.

Yang pasti kecantikan ini turun-temurun, karena pasti ada sebuah akar keturunan yang memulai warisan tersebut.

Di awal maraknya perdagangan lintas negara abad ke-13, kepulauan Indonesia seringkali menjadi tempat singgah bangsa lain.

Konon, suku Dayak tak jarang didatangi pedagang dari China yang akhirnya menikahi mereka dan menghasilkan keturunan dengan kulit cerah.

Selain dari faktor masa lalu, kecantikan wanita Dayak juga tak lepas dari berbagai hal yang mereka lakukan sekarang.

Baca Juga:  Tradisi Seba Baduy, Seribu Lebih Warga Akan Turun Gunung ke Kota

Untuk menjaga kulit tetap putih, biasanya wanita Dayak hanya menggunakan bedak dingin di wajah dan kulit badan sebelum bepergian ke luar.

Bedak dingin khas Dayak sendiri mudah dibuat. Dengan bahan dasar beras, bedak ini juga mengandung bengkoang dan pandan wangi.

Ketika sudah dilumat menjadi satu, bedak ini mampu menangkal sinar matahari dan menjaga kulit tetap sejuk meski cuaca terik.

Dengan genetik yang bagus dan juga cara merawat diri yang alami, tentunya tak perlu heran jika wanita Dayak dikenal cantik.

Suku Dayak salah satu suku yang lebih terbuka dengan lingkungan luar daripada suku pedalaman lainnya. Suku ini juga terkenal dengan mereka yang sangat supel dan mudah bergaul.

Tak heran jika banyak anak suku dayak yang merantau, mereka akan banyak memiliki teman.

Baca Juga:  Tradisi Seba Baduy, Seribu Lebih Warga Akan Turun Gunung ke Kota

Jika kamu berkunjung ke borneo maka kamu akan disambut dengan lembut oleh kepala suku dan masyarakat Dayak.

Disini penghormatan kepada tamu sangat dijunjung tinggi oleh suku Dayak.

Bahkan dalam beberapa kesampatan sampai diadakan upacara untuk menyambut tamu yang datang. Kelembutan dan kesantunan yang dimiliki gadis Dayak telah diajarkan oleh nenek moyang mereka.

Tak heran mereka dikenal dengan gadis yang ramah dan juga lemah lembut.

Gadis dayak merupakan gadis yang sangat menjunjung tinggi ajaran serta nilai agama yang diajarkan leluhurnya.

Demikian cerita singkat terkait gadis dayak yang terkenal cantik, semoga informasi ini menghibur dan menambah pengetahuan terkait suku nusantara.*