Scroll untuk baca artikel
Pesona Indonesia

Menjajal Sarapan Viral di Pantai Depok Perjalanan 40 Menit Dari DIY

×

Menjajal Sarapan Viral di Pantai Depok Perjalanan 40 Menit Dari DIY

Sebarkan artikel ini
Menjajal Sarapan Viral Di Pantai Depok Perjalanan 40 Menit Dari Diy

RADARNESIA.COM – Pantai Depok di Bantul DIY mendadak viral beberapa waktu terakhir, setelah DIY memasuki musim kemarau.

Masyarakat banyak melakukan kegiatan pagi hari di sana, yakni sarapan di pantai sembari menikmati momen matahari terbit.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Seperti biasa, keramaian dimulai dari media sosial, saat konten kreator mengunggah momen seru tersebut.

Mereka memperlihatkan niat bangun subuh lalu melakukan perjalanan ke selatan demi seporsi nasi sayur atau bubur dan sate di pinggir pantai.

Bertepatan dengan akhir pekan, situasi sangat ramai karena banyak yang ingin menjajal sensasi ini.

Perjalanan dari Kota Yogyakarta dimulai pukul 05.00 WIB dengan estimasi 45 menit hingga 1 jam. Saat ini momen matahari terbit sekitar pukul 05.30 WIB.

Melalui Jalan Parangtritis, kita menemukan rute tercepat sekaligus paling lancar ketika pagi hari. Ada dua opsi retribusi yakni melalui TPR Parangtritis kemudian berbelok ke barat di jalan baru JJLS, atau melalui jalur lama retribusi Pantai Depok.

Melalui pintu retribusi Pantai Depok, retribusi satu orang dewasa adalah Rp 15 ribu yang bisa dibayarkan secara cash atau non tunai. Petugas sudah bersiaga sejak pagi sehingga retribusi masuk wajib untuk setiap pengunjung.

Jika menggunakan motor, maka kita akan mudah menemukan kantong parkir di pantai Depok. Begitu pula bila kita menggunakan mobil, ada beberapa kantong parkir, kita tinggal berjalan saja menuju bibir pantai.

Di pinggir pantai inilah para penjual menjajakkan sajian sarapan pagi. Menunya biasa saja, hanya saja suasana dan pemandangan juga keseruan bermain pasir menjadi daya tarik tersendiri, luar biasa.

Ada sate, nasi sayur, nasi opor, pecel, jenang sumsum, bakso tusuk, lotis dan tentu aneka gorengan bisa menjadi menu pilihan. Jikapun masih terlalu pagi, sekadar teh panas atau kopi pun bisa dengan mudah ditemukan di pantai ini.

Harga makanan cukup beragam mulai Rp 2 ribu untuk satu gorengan hingga Rp 20 ribu untuk nasi opor ayam paha atas. Kita bisa leluasa memilih, hanya saja siap antre ya karena sedang ramai saat ini.

Selain banyak menu tadi, kita tentu saja bisa menjajal olahan ikan dari banyak sekali warung seafood di Pantai Depok. Seperti diketahui, Pantai Depok layaknya Jimbaran di Bali, punya banyak gerai seafood memanjakan lidah penikmatnya.

Ada cukup banyak ikan yang bisa kita pilih, seperti bawal laut, cakalang, kakap atau udang dan cumi yang menurut para penjual selalu segar datang dari laut. Harganya juga bervariasi, di salah satu warung yakni Nunik 3, harga mulai Rp 35 ribu untuk per porsi udang goreng atau cumi asam manis hingga Rp 50 ribu untuk setengah kilo bawal bakar.

Setelah menikmati sarapan pagi, kita bisa bermain pasir atau air di pantai. Namun ingat, tidak boleh berenang karena gelombang dan palung laut berbahaya di Pantai Selatan DIY.