Pelaut Pakistan Berhasil Diselamatkan Angkatan Laut India dari Bajak Laut di Somalia

RADARNESIA.COM – Angkatan Laut India berhasil menyelamatkan 19 pelaut asal Pakistan dari kelompok bajak laut, usai menangkap ikan di lepas pantai Somalia.

Melansir BBCNews, ini menjadi operasi penyelamatan kedua yang dilakukan kapal perang INS Sumitra milik India, hanya dalam kurun waktu 36 jam saja.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  KBRI Tokyo Pastikan Tidak Ada WNI Terdampak pada Insiden Pesawat JAL dan JCG

Sebelumnya, INS Sumitra telah menyelamatkan 17 awak kapal asal Iran yang juga dibajak oleh para perompak di Somalia.

Personil Angkatan Laut India meminta paksa para perompak untuk melepaskan para awak kapal beserta kapalnya dengan aman.

“INS Sumitra kembali dipaksa untuk bertindak untuk mencari dan mencegat kapal penangkap ikan berbendera Iran lainnya, Al Naeemi,” kata Angkatan Laut India, dikutip BBCNews, Selasa (30/1/2024).

Baca Juga:  Kondisi RS Indonesia di Gaza Rusak Parah, Mayat Bergeletakan

Mereka juga menyebut, akan mengerahkan kapal perang INS Visakhapatnam di Teluk Aden sebagai tanggapan atas serangan yang menimpa kapal tangker milik Inggris.

Ya, kapal tangker yang bernama Marlin Luanda itu terkena serangan rudal dari Houthi di Laut Merah, sehingga menyebabkan kebakaran selama beberapa jam.

Baca Juga:  Singapura, Hongkong Sampai Korea Selatan Dilanda Wabah Kutu Busuk

Rentetan serangan yang dialami kapal-kapal di Somalia ini lantas, memicu kekhawatiran bahwa perompak akan aktif kembali di wilayah tersebut.

Untuk itu, kapal INS Sumitra dikerahkan untuk melakukan operasi keamanan maritim di sepanjang pantai timur Somalia dan Teluk Aden.

Peningkatan insiden pembajakan di lepas pantai Somalia ini nampaknya berkaitan dengan gangguan keamanan maritim, akibat sejumlah serangan yang dilakukan Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *