Scroll untuk baca artikel
banner 728x250
Nusantara

Pembukaan MTQ ke-53 Kecamatan Tungkal Ilir, Bupati Anwar Sadat Serukan Semangat Cinta Al Qur’an

×

Pembukaan MTQ ke-53 Kecamatan Tungkal Ilir, Bupati Anwar Sadat Serukan Semangat Cinta Al Qur’an

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Mtq Ke-53 Kecamatan Tungkal Ilir, Bupati Anwar Sadat Serukan Semangat Cinta Al Qur'An

RADARNESIA.COM – Malam yang sarat makna keagamaan menghiasi halaman Masjid Ash-Shahabah RT.17, Komplek BTN Manunggal I, Kelurahan Tungkal II, Kecamatan Tungkal Ilir pada Sabtu malam (6/7/2024), saat Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag, menghadiri sekaligus membuka acara MTQ ke-53 tingkat Kecamatan Tungkal Ilir.

Dalam sambutannya, Bupati Anwar Sadat menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Camat Tungkal Ilir beserta seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk melaksanakan acara prestisius ini.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

“MTQ bukan sekadar ajang kompetisi untuk memperebutkan tropi dan hadiah, tetapi lebih dari itu, bagaimana Al Qur’an dapat menjadi rahmat dalam kehidupan kita,” ucap Bupati Anwar Sadat dengan penuh semangat.

Bupati Anwar Sadat juga mengingatkan pentingnya mendengarkan dan memperhatikan bacaan Al Qur’an dengan serius sebagai jalan untuk mendapatkan rahmat dari Allah SWT.
“Kami berharap, MTQ ini tidak hanya sekedar kompetisi, tetapi dapat menjadi sarana untuk tumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan terhadap isi kandungan Al Qur’an di tengah-tengah masyarakat,” tambah Bupati

Selain itu, Bupati Anwar Sadat juga mengumumkan bahwa MTQ tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Barat akan digelar pada akhir Agustus mendatang di Kecamatan Renah Mendaluh. Ini menandakan bahwa MTQ tingkat kecamatan ini juga sebagai ajang seleksi untuk peserta yang akan mewakili kecamatan mereka di tingkat kabupaten.

Sebelumnya, Camat Tungkal Ilir, Effendy, SE, dalam laporannya mengatakan bahwa MTQ ini akan berlangsung selama 5 hari, mulai dari tanggal 6 Juli hingga 10 Juli 2024. Sebanyak 184 peserta dari 10 Kelurahan/Desa di wilayah Kecamatan Tungkal Ilir berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini. Mereka akan bersaing dalam empat cabang lomba, yaitu Tilawah Al-Quran, Barzanji Marhaba, Syarhil Qur’an, dan Fahmil Qur’an.

Acara pembukaan MTQ ditandai dengan bunyi sirene dan kumandang adzan yang merdu, serta dentuman kembang api menandakan dimulainya perhelatan agung ini. Tema yang diangkat adalah “Wujudkan Generasi Qur’ani yang Cerdas, Berakhlakul Karimah, serta Toleran dalam Kehidupan menuju Kabupaten Tanjung Jabung Barat Berkah.”

Hadir dalam acara pembukaan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Tanjab Barat (diwakili), Kasat Pol PP Tanjab Barat, Danramil Tungkal Ilir (diwakili), Kapolsek Tungkal Ilir (diwakili), para Lurah dan Kades se Kecamatan Tungkal Ilir, Kepala KUA Kecamatan Tungkal Ilir, Ketua LPTQ Kecamatan Tungkal Ilir, Ketua MUI Kecamatan Tungkal Ilir, Ketua LAM Kecamatan Tungkal Ilir, serta tamu undangan lainnya.

MTQ ke-53 Tingkat Kecamatan Tungkal Ilir diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang keagamaan dan melahirkan generasi penerus yang berakhlak mulia serta memiliki pemahaman dan pengamalan Al-Quran yang baik.