Scroll untuk baca artikel
Politik

Pilwako Pekanbaru 2024, Koalisi PAN dan Golkar di Depan Mata

×

Pilwako Pekanbaru 2024, Koalisi PAN dan Golkar di Depan Mata

Sebarkan artikel ini
Pilwako Pekanbaru 2024, Koalisi Pan Dan Golkar Di Depan Mata

RADARNESIA.COM – Dalam upaya mempersiapkan diri untuk Pilkada Kota Pekanbaru, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar hampir mencapai kesepakatan untuk berkoalisi. Kedua partai beberapa kali melakukan komunikasi intensif, meski hingga akhir Mei ini belum ada kata sepakat resmi.

Proses survei dan pengambilan keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing partai menjadi faktor penentu dalam keputusan koalisi ini. PAN dan Golkar di Pekanbaru memiliki modal yang kuat dengan 6 dan 5 kursi di DPRD masing-masing, sehingga koalisi mereka akan mengamankan 11 kursi, cukup untuk maju di Pilwako.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Namun, hingga saat ini, kedua partai masih belum menetapkan siapa calon yang akan diusung sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Dari PAN, beberapa nama yang sudah ditugaskan untuk maju antara lain Ade Hartati, Ir Nofrizal MM, dan Irvan Herman. Selain itu, ada 23 tokoh lainnya dari berbagai latar belakang yang juga mendaftar di PAN.

Di pihak Golkar, dari delapan kader yang mendapat surat tugas dari DPP, kini sudah mengerucut ke beberapa nama, seperti Parisman Ihwan, Dr Rahmansyah, Erizal Muluk, dan Ida Yulita Susanti. Proses survei masih berlangsung untuk menentukan calon yang akan mendapat tiket.

Ketua DPD PAN Pekanbaru, Ir Nofrizal MM, menegaskan bahwa komunikasi dengan Golkar sudah terjalin, meski belum ada keputusan resmi dari DPP.

“Kalau untuk koalisi PAN dengan partai lain, belum ada keputusan apapun dari DPP. Termasuk dengan Golkar,” ujar Nofrizal pada Rabu (29/5/2024).

Dari 26 calon yang mendaftar ke PAN, baru separuh yang mengembalikan formulir pendaftaran. Nofrizal menambahkan bahwa tahap wawancara akan segera dilaksanakan oleh tim dari DPD PAN Pekanbaru dan DPW PAN Riau.

Sementara itu, Sekretaris DPD Golkar Pekanbaru, Roni Amriel, menyatakan bahwa koalisi dengan PAN dan partai lain masih terbuka lebar. Golkar saat ini masih menunggu hasil survei untuk menentukan calon yang akan diusung.

“Bisa saja koalisi dengan PAN terjadi. Kami siap berkoalisi dengan PAN dan partai lainnya,” ungkap Roni Amriel dikutip dari tribunpekanbaru.

Dengan tahapan yang masih berjalan, keputusan final dari kedua partai akan sangat menentukan arah Pilwako Pekanbaru. Hasil dari koalisi PAN dan Golkar yang berpotensi menjadi kekuatan besar dalam Pilwako 2024. (*)