Sumpah Pemuda 2023, Bersama Majukan Indonesia

Img 20231028 211704

Purwakarta//Radarnesia.com- Pemerintah Provinsi Jawa Barat memusatkan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 di Kabupaten Purwakarta. Mengambil tema; Bersama Majukan Indonesia, tampak Penjabat (Pj.) Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin memimpin upacara yang digelar di Taman Pasanggrahan Padjajaran, Alun-alun Pemkab Purwakarta, Sabtu 28 Oktober 2023.

Menurut Bey, pemilihan Kabupaten Purwakarta sebagai pusat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Jawa Barat karena sejarah kabupaten ini yang telah menjadi bagian dalam upaya merebut kemerdekaan di wilayah Jawa Barat dan Kabupaten Purwakarta memiliki sejarah perjuangan para pemuda Jawa Barat pada masa kemerdekaan Indonesia.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Jati Agung Terungkap Setelah Seorang Oknum Mahasiswa Ditangkap

“Alasan dipilih Purwakarta itu sejarahnya. Karena memang bagian juga dari perjuangan Jawa Barat untuk Indonesia dalam kemerdekaan baik sebelum tahun 1945 maupun saat agresi militer. Purwakarta ini kalau saya baca pernah menjadi dulu namanya semacam kodam ya, jadi dari Tasik itu pindah ke sini, Jadi ada perjuangan dan semangat juang para pemuda di sini yang perlu kita contoh,” kata Bey.

“Jadi, kegiatan di tingkat provinsi kita geser ke daerah-daerah, karena Jawa Barat itu bukan hanya Bandung saja, Jabar itu memiliki 27 kabupaten dan kota. Sebelumnya Hari Santri kita gelar di Tasikmalaya, hari ini, peringatan Sumpah Pemuda di Kabupaten Purwakarta dan kemungkinan untuk peringatan Hari Pahlawan, rencananya akan kita gelar di Kabupaten Sumedang,” sambung Pj. Gubernur Jabar itu.

Baca Juga:  Mukernas PKP, Al Haris: Kerukunan Masyarakat Nagari Paninggahan Luar Biasa

Ia berharap, dalam peringatan Sumpah Pemuda ke 95 ini, para pemuda-pemudi di Jawa Barat bisa terus berinovasi untuk pembangunan Indonesia. “Untuk para pemuda khususnya Jawa Barat, terus semangat membangun Indonesia, jangan lupa berinovasi. Karena sekarang banyak inovasi yang tercatat dalam pembangunan Indonesia itu yah dari Pemuda,” ucap Bey.

Baca Juga:  Bupati Tanjab Barat lantik H. Dahlan, S.Sos., MM sebagai Pj. Sekda

Selain itu Pj. Gubernur juga membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo. Amanat tersebut menyampaikan bahwa pada hari ini 28 Oktober 2023 kita bersama memperingati hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023. “Marilah kita jadikan momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 ini sebagai momentum untuk membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” kata Bey.

Dalam giat tersebut turut hadir Kapolda, Pangdam, Forkopimda Kabupaten Purwakarta, Sekda, Para Staf Ahli, Para Asda, Kepala Perangkat Daerah, Camat, OKP, dan seluruh peserta upacara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *