Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Bupati Anne:Perayaan Idul Adha Spirit Pengorbanan Membangun Kepedulian Sosial Untuk Kemajuan Tanah Air

×

Bupati Anne:Perayaan Idul Adha Spirit Pengorbanan Membangun Kepedulian Sosial Untuk Kemajuan Tanah Air

Sebarkan artikel ini
Whatsapp Image 2023 07 07 At 12.18.29 Bupati Anne:perayaan Idul Adha Spirit Pengorbanan Membangun Kepedulian Sosial Untuk Kemajuan Tanah Air

Radarnesia.com – Spirit berkorban dalam perayaan Idul Adha harus menjadi spirit pengorbanan dalam membangun kepedulian sosial untuk kemajuan tanah air Indonesia, serta untuk kemajuan daerah.

Demikian ditegaskan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam sambutan Perayaan Idul Adha 1444 H, di halaman Masjid Agung Baing Yusuf Purwakarta, Kamis, 29 Juni 2023

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Orang nomor satu di Purwakarta itu mengatakan, kerelaan berkorban yang ditauladani dari Nabi Ibrahim Alaihisalam adalah gambaran manifestasi kecintaan yang total terhadap Allah SWT.

“Karena itu selain menjadi spirit kecintaan total terhadap Allah SWT, spirit pengorbanan harus menjadi spirit membangun kepedulian sosial untuk kemajuan tanah air dan daerah,” kata Bupati Anne.

Baca Juga:  Dikukuhkan Menjadi Guru Besar, Ini Harapan Rektor UIR kepada Zulkifli Rusby

Menurut Bupati Anne, pengorbanan kita terhadap tanah air Indonesia harus didasarkan pada spirit cinta dan spirit kebenaran yang menjadi dasar hidup berbangsa dan bernegara.

“Belajar dari tauladan berkorban Nabi Ibrahim AS, maka dalam konteks Bangsa Indonesia, kita harus bersedia berkorban membangun kepedulian sosial antar sesama anak bangsa,” kata Bupati perempuan pertama Purwakarta tersebut.

Spirit Gotong Rotong

Bupati Anne juga mengingatkan, hari raya Idul Adha atau hari Idul Qurban juga bisa menjadi momentum dalam mewujudkan spirit gotong royong sebagai warisan luhur budaya bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Opini : Politik Baper dan Politik Panik

“Perayaan Idul Adha merupakan momentum yang tepat bagi semua anak bangsa untuk terus mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial dalam menciptakan mayarakat yang rukun dan damai dalam bingkai kebangsaan Indonesia,” kata Bupati Anne.

Momentum perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2023 ini, lanjut Bupati Anne, beriringan dengan peringatan hari jadi Purwakarta ke-192 dan hari jadi Kabupaten Purwakarta ke-55.

“Spirit rela berkorban sebagai manifestasi dai perayaan Idul Qurban juga menjadi spirit kalangan aparatur sipil negara (ASN) Purwakarta dalam membangun kepedulian sosial dan kesungguhan membangun daerahnya,” kata Bupati Anne.

Semangat kepedulian sosial itu ditunjukan para ASN dengan melaksanakan pemotongan hewan Qurban diseluruh kecamatan di Purwakarta.

Baca Juga:  Pentingnya Pembinaan Atlet Sejak Usia Dini

“Para ASN itu juga mendistrbusikan daging hewan kurban kepada masyarakat di masing-masing wilayahnya hingga ke desa pelosok. Semoga itu bisa membangun spirit kepedulian sosial dan gotong royong yang lebih kuat,” kata Bupati Anne.

Untuk perayaan idul Adha tahun ini, jajaran ASN Pemkab Purwakarta memotong hewan kurban sebanyak 178 ekor sapi dan 390 ekor domba dan kambing.

“Semua daging kurban tersebut saya arahkan untuk bisa dibagikan ke semua lapisan masyarakat diseluruh wilayah Purwakarta. Itu untuk memperkuat spirit kepedulian sosial dan gotong royong,” kata Bupati Anne Ratna Mustika.