Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Hanya Satu Kemenangan Lagi Menuju Olimpiade Paris, Bisakah Timnas Indonesia Membuat Sejarah?

×

Hanya Satu Kemenangan Lagi Menuju Olimpiade Paris, Bisakah Timnas Indonesia Membuat Sejarah?

Sebarkan artikel ini
Hanya Satu Kemenangan Lagi Menuju Olimpiade Paris, Bisakah Timnas Indonesia Membuat Sejarah?

RADARNESIA.COM – Skuad Garuda Muda dibawah asuhan Shin Tae-yong kini berada pada titik krusial dalam perjalanan mereka di Piala Asia U-23 2024. Dengan satu kemenangan lagi, Timnas Indonesia berpeluang meraih tiket bersejarah ke Olimpiade Paris 2024. Adalah sebuah prestasi yang belum tercapai sejak kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Pada Senin 29 April 2024 Pukul 21 WIB menjadi penentu perjalanan sejarah tim sepakbola Indonesia. Timnas menghadapi Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Kemenangan tidak hanya akan membawa Indonesia ke final Piala Asia U-23 2024, tetapi juga akan memastikan tempat di Olimpiade Paris 2024, menandai keikutsertaan pertama dalam ajang multievent global sejak Olimpiade Melbourne 1956.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan kepercayaan dirinya menjelang pertandingan. Hal ini mengingatkan bahwa timnya telah mengalahkan negara-negara dengan peringkat FIFA yang lebih tinggi seperti Australia, Korea Selatan, dan Yordania.

“Kami tidak merasakan tekanan; kami hanya menikmati momen dan tantangan,” ujar Shin, yang sebelumnya membawa Korea Selatan tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Pencapaian ini juga dianggap sebagai validasi dari evolusi sepak bola Indonesia yang disebutkan oleh Syamsuddin Umar, Asisten Pelatih Timnas Indonesia di Piala Asia 2007.

“Jika kita bisa menjadi finalis dan lolos Olimpiade, saya menganggap mereka adalah tim nasional terbaik selama NKRI ada,” kata Syamsuddin.

“Tim kita berproses sejak membaca alif sampai tamat, tidak melalui pemberian atau mengganti tim lain,” sambungnya.

Selain berpeluang besar untuk lolos ke Olimpiade, timnas Indonesia juga menunjukkan permainan yang modern dan menyerang, dengan kekuatan mental dan kepercayaan diri yang telah lama hilang dari sepak bola nasional.

“Saya salut Indonesia menerapkan permainan terbuka dan mampu mengatur ritme serta melakukan perubahan sistem bermain pada menit-menit tertentu,” tambah Syamsuddin.

Di sisi lain, Pelatih Uzbekistan U-23, Timur Kapadze, mengakui bahwa pertandingan melawan Indonesia akan berat dan strategi yang telah dipersiapkan akan menjadi kunci untuk mencapai hasil positif.

Umarali Rakhmonaliev, gelandang Uzbekistan, juga mengakui kekuatan dan perkembangan pesat tim Indonesia, menandai pertandingan mendatang sebagai salah satu yang paling menantang.

”Indonesia adalah tim yang sudah jauh lebih kuat. Mereka telah alami banyak perkembangan dibandingkan pada pertemuan terakhir kami sehingga laga nanti akan jauh lebih sulit,” kata Rakhmonaliev

Dengan sejarah dan semangat yang kuat, pertandingan semifinal antara Indonesia dan Uzbekistan tidak hanya akan menjadi pertarungan di lapangan, tetapi juga pertarungan untuk mencapai mimpi yang telah lama dinanti oleh penggemar sepak bola Indonesia.

Semoga Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan atas Uzbekistan malam ini. Doa serta dukungan seluruh rakyat Indonesia akan menjadi sebuah kekuatan mewujudkan kemenangan menjadi kenyataan.