Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Pemkab Tanjab Barat Melaksanakan Safari Ramadhan di Desa Karya Maju Kecamatan Pengabuan

×

Pemkab Tanjab Barat Melaksanakan Safari Ramadhan di Desa Karya Maju Kecamatan Pengabuan

Sebarkan artikel ini

RADARNESIA.COM – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melaksanakan kunjungan Safari Ramadhan keempat di Masjid Nurul Yaqin, Desa Karya Maju, Kecamatan Pengabuan. Senin (18/3/24).

Tim Safari Ramadhan yang dipimpin langsung oleh Bupati Tanjab Barat, Drs. H. Anwar Sadar M. Ag, turut didampingi oleh Unsur Forkopimda, Kapoles Tanjab Barat, Ketua Pengadilan Agama, Pj. Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Para Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah, Ketua Baznas, Camat Pengabuan, Lurah, serta para Kepala Desa se-Kecamatan Pengabuan, Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pengabuan, masyarakat Desa Karya Maju, serta tamu undangan lainnya.

Bupati Anwar Sadat menyampaikan bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan bagian dari agenda rutin Pemerintah Daerah, bertujuan untuk mempererat hubungan dengan masyarakat serta memberikan informasi terkait pembangunan dan keagamaan, serta turut menyampaikan progres pembangunan yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Baca Juga:  Cerita Amirudin yang Jadi Pemulung di Dharmasraya Untuk Menafkahi Delapan Anaknya

“Safari Ramadhan ini adalah silaturahmi Pemerintah Daerah kepada masyarakat membangun komunikasi yang baik antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat disetiap Kecamatan. Disamping ada subuh Keliling dan Jumat Berkah yang akan terus Kami laksanakan,” katanya

Bupati juga menyoroti fokusnya pada pembenahan infrastruktur pertanian dan perkebunan. Pemda telah membeli beberapa ekskavator amfibi untuk membenahi parit dan tanggul terkait banjir, serta mendorong masyarakat untuk menanam padi sebagai langkah diversifikasi ekonomi dan menjaga ketahanan pangan.

Baca Juga:  Gubernur Bersama Kadisdik Jambi Lihat Proses PPDB SMA Titian Teras

“Kami akan menyediakan bibit padi kepada masyarakat yang ingin menanam padi. Kami harap dengan adanya program operasi lahan ni, masyarakat bisa meningkatkan produksi dan pendapatan mereka dari sektor pertanian. Selain itu, hal ini juga berharap agar Masyarakat tidak beralih fungsi lahan sehingga Kecamatan Pengabuan menjadi lumbung padi bagi Kabupaten Tanjab Barat,” ucap Bupati.

Bupati Anwar Sadat juga menyampaikan keprihatinannya atas masih adanya lima anak stunting di Desa Karya Maju. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat, mulai dari aparat Desa, Puskesmas, kader, hingga Babinsa dan Babinkamtibmas, untuk bersama-sama memperhatikan dan menyelesaikan permasalahan stunting ini.

Baca Juga:  Sosok Pemimpin Aliran Sesat di Blitar yang Viral Perbolehkan Tukar Pasangan

Bupati menegaskan bahwa alokasi dana Desa, retribusi, dan bantuan provinsi yang diberikan kepada Desa Karya Maju harus dikelola dengan baik sesuai peruntukannya dalam rangka membangun Desa Karya Maju.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Anwar Sadat menyerahkan bantuan dari Baznas senilai 10 juta untuk pembangunan Masjid Nurul Yaqin dan Bank Tanggo Rajo senilai 5 juta untuk pembangunan madrasah. Selain itu, bantuan Mushaf Al-Qur’an, santunan kepada Anak Yatim, serta paket sembako untuk kaum dhuafa juga diserahkan.

Acara ditutup dengan Sholat Isya dan Terawih yang dipimpin oleh Ustad M. Arsyad M. Pd Al-hafizh, dengan Bilal Ustad Lukman Hakim dan ceramah dari Ustad Helmi Farido.